Sukses

Di Inggris, Dioperasikan Kamera yang Merekam Nomor Polisi

Inggris Akan menggunakan perangkat kamera untuk merekam nomor kendaraan. Alat ini digunakan untuk mengatasi masalah pelanggaran lalu lintas dan aksi kriminal.

Liputan6.com, Inggris: Dalam beberapa bulan mendatang, jaringan kamera yang terpasang secara luas di Inggris akan merekam nomor kendaraan. Bahkan, polisi di Inggris Raya, seperti Wales dan Skotlandia, dapat berbagi informasi dengan sistem komputerisasi yang terintegrasi. Para petugas mengatakan, teknologi ini sangat berguna dalam mengatasi masalah pelanggaran lalu lintas dan tindak kriminal.

Sebenarnya perangkat ini bukan hal baru di Inggris. Beberapa parlemen lokal di sana telah menyetujui penggunaan CCTV di banyak tempat, sepanjang teknologi yang dipakai cukup memadai. Di kota seperti Bradford, Porsmouth, dan Luton, alat ini telah dipakai dan sangat membantu polisi. Melalui perangkat ini banyak yang dapat dipantau dan direkam.

Kendati demikian, perangkat ini juga mendapat banyak kritik. Seorang pengendara, John Catt, memiliki pengalaman tidak menyenangkan dengan perangkat ini. Ia mengaku mobilnya pernah dianggap melanggar oleh petugas polisi wilayah Sussex. Padahal ia tidak merasa melakukannya. Akibatnya, ia harus menjawab banyak pertanyaan.

Sementara itu, masyarakat Inggris sebagian besar mendukung penerapan perangkat ini. Demikian pula pemerintah setempat, asal perangkat tersebut tidak disalahgunakan. Pihak kepolisian sendiri berjanji tidak akan menyalahgunakan alat yang disebut-sebut telah membuat jumlah pelanggaran lalu lintas yang bisa diketahui meningkat 40 persen itu.(BBC/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.