Sukses

Obama Kirim 3 Perwakilan ke Upacara Pemakaman Michael Brown

Gubernur Missouri Jay Nixon tidak menghadiri pemakaman ini.

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan orang menghadiri pemakaman remaja kulit hitam yang tewas di tangan polisi di Ferguson, Missouri, Amerika Serikat Senin 26 Agustus waktu setempat.

Suasana haru menyelimuti pemakaman ini. Seperti dilansir BBC, para pelayat membanjiri Gereja Baptis Candi di St Louis. Mereka bernyanyi, berdoa dan mengingat kehidupan Michael Brown.

Gubernur Missouri Jay Nixon tidak menghadiri pemakaman ini, sementara Presiden Barack Obama mengirim 3 pembantu Gedung Putih untuk mewakilinya.

Dua poster foto Brown berukuran besar ditempatkan di dalam gereja dekat peti mati, bersama dengan foto lain saat masih kecil.

Keluarga Brown menyatakan kepada para pelayat bahwa Brown pemuda yang berkepribadian baik.

Sepupunya, Eric Davis mengaku sangat terpukul dengan kematian saudaranya itu. Ia menilai pembunuhan ini tanpa pandang bulu.

"Cukup bagi kami, memiliki saudara dan saudari tewas di jalanan. Cukup bagi kami dengan pembunuhan tanpa pandang bulu ini," ujar dia.

Kepada para pelayat, pemimpin hak-hak sipil Al Sharpton mengatakan setiap orang memiliki hak untuk protes tanpa intimidasi polisi.

"Amerika harus datang untuk berdamai ketika ada sesuatu yang salah, bahwa kita memiliki uang untuk memberikan peralatan militer kepada pasukan polisi, ketika kita tidak punya uang untuk pelatihan dan uang untuk pendidikan umum," kata dia.

Sementara Suasana di luar gereja terlihat tenang namun suram, kata koresponden BBC Rajini Vaidyanathan, di St Louis.

"Kami tidak tahu keluarga Brown tapi hati kita berempati dengan mereka untuk kerugian mereka dan kekerasan tidak masuk akal," kata salah seorang yang berkabung.

Ancam Pemberontakan

Tapi masih ada kemarahan di Ferguson, yang memiliki populasi kulit hitam mayoritas, setelah penembakan oleh polisi Darren Wilson --yang saat ini diskors dengan gaji penuh.

"Jika Darren Wilson tidak dikenakan denda, akan ada pemberontakan," kata salah seorang warga.

Banyak warga menuntut agar Wilson ditangkap dan diadili. Saksi mengatakan Brown ditembak saat ia memegang tangannya dalam posisi menyerah, sementara polisi dan pendukung Wilson mengatakan Wilson sempat bertengkar dengan Brown.

Pihak berwenang juga dikritik karena dinilai tidak cukup transparan setelah penembakan Brown, ketika mereka menolak untuk menyebutkan petugas polisi yang terlibat.

Michael Brown pemuda berumur 18 tahun itu tewas pada 9 Agustus setelah dihentikan seorang polisi kulit putih Darren Wilson di tengah jalan. Kematiannya memicu protes dan bentrokan, tetapi ketegangan telah mereda dalam beberapa hari terakhir.

Beberapa pekan lalu kepolisian Ferguson juga menerbitkan video pengintaian yang menunjukkan bahwa Brown mencuri sejumlah rokok dari suatu gerai sesaat sebelum meninggal.

Kapten Ron Jackson dihujani kritikan pedas karena mengungkapkan rekaman itu dan laporan polisi yang terkait dengannya walaupun ia juga bersikeras bahwa dugaan perampokan dan perkara Wilson tidak berhubungan.

Keluar Brown, melalui pengacara mereka, menganggap penerbitan video itu sebagai bentuk strategis untuk "pembunuhan karakter."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini