Sukses

Pembunuh Menlu Srilanka Terus Diburu

Lebih dari 100 personel polisi dan Angkatan Bersenjata Srilanka dikerahkan untuk memburu pelaku pembunuhan Menlu Lakshman Kardigamar. Insiden pembunuhan ini dikhawatirkan merusak kesepakatan gencatan senjata.

Liputan6.com, Kolombo: Pelaku pembunuhan Menteri Luar Negeri Srilanka Lakshman Kadirgamar terus diburu. Pemerintah Srilanka, Ahad (14/8), mengerahkan lebih dari 100 personel polisi yang dibantu Angkatan Bersenjata Srilanka [baca: Menlu Srilanka Tewas Ditembak].

Penyelidik setempat di lapangan menemukan selongsong peluru dan sebuah peluncur granat dari sebuah rumah tempat tersangka penembak bersembunyi. Pemilik rumah yang kebetulan bersuku Tamil kini sedang dimintai keterangan.

Kini keamanan di Kota Kolombo makin diperketat. Semua mobil yang masuk dan keluar ibu kota Srilanka ini harus melalui pemeriksaan. Hal ini dilakukan setelah pemerintah mengumumkan negara dalam keadaan darurat.

Sejauh ini, kelompok separatis Pembebasan Macan Tamil Eelam (LTTE) dituding sebagai pelaku pembunuhan meski kelompok ini membantah. Bantahan ini, menurut Presiden Srilanka Chandrika Kumaratunga, sulit diterima. Insiden pembunuhan ini dikhawatirkan akan merusak kesepakatan gencatan senjata dan akan kembali menyulut perang saudara.

Kardigamar sendiri telah lama menjadi incaran LTTE karena terus mendesak Amerika Serikat dan Inggris untuk menyatakan Macan Tamil sebagai kelompok teroris. Padahal Kardigamar sendiri berasal dari Suku Tamil.

Pengamat politik Rohan Edrisinha berharap pembunuhan ini akan menyadarkan semua pihak akan pentingnya mengambil langkah cepat untuk menyelamatkan proses perdamaian. Rencananya jenazah Kadirgamar akan dimakamkan hari ini dengan upacara kenegaraan.(MAK/Ijx)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.