Sukses

Ke Banyumas? Jangan Lupa Cicipi Soto Ini!

Jangan lupa cicipi soto ini jika mampir ke Banyumas. Soto khas Sokaraja ini fenomenal di Banyumas. Simak tulisan kiriman Yoga Pratama ini!

Citizen6, Banyumas: Saat pergi berwisata di daerah Banyumas tidak lengkap rasanya apabila tidak mampir ke Sokaraja untuk mencicipi soto khas Sokaraja. Sepanjang Jalan Supardjo Rustam banyak bertebaran warung-warung penjual soto Sokaraja ini. Warung soto yang rata-rata memiliki label yang sama antara satu dengan yang lainnya, yaitu warung soto "Asli lama". Dan kemudian untuk merk dagang masing-masing mempunyai nama sendiri, mulai dari Pak Suradi, Pak Mawardi, Kecik, dan lain-lain. Tapi tidak ada perbedaan tentang resep soto yang disajikan di warung-warung soto tersebut.

Soto Sokaraja sangat khas apabila dibandingkan dengan soto-soto lainnya yang banyak dihidangkan di seluruh daerah Jawa Tengah ini. Yang membedakan Soto Sokaraja dengan soto yang lainnya adalah penggunaan sambal kacang dan ketupat. Ini akan memberikan rasa pedas manis gurih pada kuahnya karena dicampur dengan sambal kacang dan juga membuatnya agak kental. Daging sotonya ada dua macam, yaitu daging sapi dan daging ayam, tetapi soal bumbu dan kuahnya menggunakan racikan yang sama. Namun disarankan untuk menggunakan daging sapi saja karena rasa daging sapi akan menyatu dengan rasa bumbu dari soto ini. Berbeda jika menggunakan daging ayam, di mana antara rasa daging ayam dan bumbunya seolah kurang menyatu. Tentu saja pemilihan daging sesuai dengan selera konsumen.

Soto Sokaraja sendiri diramu dari bumbu-bumbu yang dihaluskan dan ada juga yang cara ditumis. Bumbu-bumbu itu adalah bawang putih, bawang merah, merica, kemiri, kunyit, lengkuas, serai dan kecap manis. Bahan utama lainnya adalah soun yang telah lunak, toge, kerupuk warna-warni untuk mempercantik tampilan soto dan sambal kacang tentunya.

Rasa di lidah yang muncul saat menikmati Soto Sokaraja ini adalah rasa segar dan rasa manis yang kuat dari kecap ditambah sensasi rasa dari toge dan rasa kerupuk yang telah melepuh karena tenggelam dalam kuah soto kemudian ditambah empuknya daging yang telah direbus matang dan rasa pedas dari sambal kacang.

Sungguh sedap soto Sokaraja ini yang seporsinya cukup Rp. 12.000 saja dan dapat membuat perut kekenyangan karena porsinya yang lumayan banyak. Jangan lupa untuk mampir mencicipi soto Sokaraja apabila melewati Banyumas, Jawa Tengah. (bnu)

Penulis:
Yoga Pratama
Banyumas, yogapratama2xxx@gmail.com.

Baca Juga:
Daftar Lengkap Tempat Belanja Durian di Medan
Makannya Mie Setan, Minumnya Es Pocong
Semangkok Bakso Berisi 50 Butir 'Kerikil'

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atauopini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

Mulai 16 Desember sampai 27 Desember 2013 Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Resolusi 2014". Ada kado akhir tahun dari Liputan6.com dan Dyslexis Cloth bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.