Sukses

Pasukan TNI Sukses Lakukan 'Misi Penyerbuan' ke Bima

Pasukan operasi Lintas Udara (Linud) yang tergabung dalam Latgab TNI Tingkat Divisi 2013, berhasil diterjunkan ke Dropping Zone musuh dengan menggunakan 7 pesawat hercules TNI AU.

Citizen6, Nusa Tenggara Barat: Pasukan operasi Lintas Udara (Linud) yang tergabung dalam Latihan Gabungan (Latgab) TNI Tingkat Divisi 2013, berhasil diterjunkan ke Dropping Zone musuh dengan menggunakan 7 pesawat hercules TNI AU.

Operasi yang dilakukan pada Sabtu 18Mei 2013, sekitar pukul 08.30 WITA ini diikuti oleh 42 dari Batalyon Infanteri (Yonif) Linud 330/Tri Dharma, yang dipimpin oleh Letkol Inf Andy Gunawan. Sebelum pasukan diterjunkan di daerah Woha Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), sebelumnya telah dilaksanakan Serangan Udara Langsung (SUL) oleh 2 Pesawat Super Tukano EMB 314 yang melancarkan tembakan gencar terhadap kedudukan musuh.
        
Setelah mendarat, satu peleton pasukan Linud berjalan kaki sejauh 3 km kearah Bandara M Salahuddin Bima untuk melaksanakan serbuan cepat dengan misi merebut kembali Bandara Bima dari tangan musuh. Setelah bandara dapat dikuasai sepenuhnya oleh pasukan TNI, selanjutnya di lakukan pengecekan.

Ratusan warga yang tinggal di sekitar daerah penerjunan sangat antusias menyaksikan jalannya latihan. Bahkan ada yang sampai mendekat ke prajutir TNI yang baru mendarat dari penerjunan. Selain warga, anak-anak sekolah dari SD sampai perguruan tinggi juga menyempatkan diri untuk melihat dari dekat para prajurit TNI yang berhasil mendarat dengan sempurna.

Di tempat terpisah, Panglima TNI melalui Kasum TNI Marsdya TNI Boy Syahril Qamar selaku Direktur Latihan (Dirlat) Latgab TNI 2013 menyampaikan perintah kepada Pangkostrad Letjen TNI M Munir yang bertindak sebagai Panglima Komando Gabungan (Pangkogab) Latgab TNI. Yaitu untuk melaksanakan Konsolidasi dan Alih Kodal (Komando Pengendalian) dan menyampaikan penghargaan setingi-tingginya atas segala upaya yang dilaksanakan, motivasi serta semangat yang tidak pernah luntur dalam operasi yang dilaksanakan.
 
Selain itu, Panglima TNI juga memerintahkan kepada Pangkogab Latgab TNI untuk segera melaksanakan Alih Kodal Daerah Operasi kepada Panglima Komando Operasi (Pangkoops) wilayah Kalimantan Timur dan Nusa Tenggara Barat untuk melakukan pengecekan personil dan materiil serta perlengkapan yang digunakan selama latihan. (Badarudin Bakri/Mar)


Badarudin Bakri adalah pewarta warga.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini