Sukses

Delima, Si Cantik yang Kaya Vitamin

Delima dengan nama latin punica granatum atau Pome, secara tradisional, biasa digunakan untuk membersihkan kulit dan mengurangi peradangan pada kulit.

Citizen6: Delima dengan nama latin punica granatum atau Pome adalah tanaman buah-buahan yang dapat tumbuh hingga 5-8 meter. Delima merupakan tumbuhan asli Persia dan daerah Himalaya di India Selatan. Menurut cerita, Pharaoh Tuthmosis membawanya ke Mesir pada 1500 sebelum masehi (SM),dari sinilah delima menyebar ke Afrika, Asia, Eropa, dan Amerika.

Konon, tanaman ini bisa sampai ke Indonesia karena dibawa para pedagang dari Persia pada 1416 SM. Delima memiliki tiga jenis yang berbeda yaitu delima putih, merah, dan delima ungu. Dari ketiga jenis itu, yang paling terkenal adalah delima merah. Delima merah sering ditanam di pekarangan rumah sebagai tanaman hias, sekaligus untuk dimakan buahnya. Beberapa kultivarnya yang kerdil bahkan telah dikembangkan khusus sebagai tanaman hias.

Delima merah juga memiliki rasa yang lebih manis dan segar dari buah delima lainnya. Delima memang istimewa, dalam bentuk buahnya yang cantik, terkandung zat-zat yang menyehatkan, dan mampu mencegah segala macam penyakit.

Secara tradisional, buah delima biasa digunakan untuk membersihkan kulit dan mengurangi peradangan pada kulit. Jus buah delima juga bisa mengurangi derita radang tenggorokan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Clinical Nutrition, buah delima yang kaya antioksidan ini juga dapat mencegah oksidasi LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh. Selain yang sudah disebutkan tadi, khasiat buah delima bagi kesehatan antara lain dapat untuk penyakit-penyakit seperti gangguan perut, gangguan jantung, kanker, perawatan gigi, rematik, kurang darah dan diabetes.

Komposisi gizi per 100 gram bagian yang dapat dimakan dari buah delima adalah energi 68 kkal, air 81 g, protein 0,95 g, lemak 0,3 g, karbohidrat 17,2 g. Manfaat delima tersebut bisa diperoleh dengan berbagai cara dalam berbagai olahan. Di asia, sari buah delima dikentalkan menjadi suatu sirup yang digunakan sebagai saus. Di Mesir buah ini dijadikan semacam minuman anggur, sirup, dan sari buah. Di Amerika, produk sari buah delima yang dikenal sebagai pome wonderful menjadi tren minuman kesehatan terkini.

Minuman sari buah delima dikenal sebagai sari buah sehat, tinggi khasiatnya. Sari buah delima tinggi kandungan ion kalium (potasium), vitamin A, C, dan E serta asam folic. Menurut majalah Time, komponen yang terdapat dalam sari buah delima dianggap sangat penting bagi kesehatan jantung. Kandungan antioksidan dalam buah delima jumlahnya tiga kali lebih banyak daripada wine atau teh hijau.

Peneliti dari Vanderbilt University Medical Center menemukan bahwa orang yang meminum jus 3 kali atau lebih dalam seminggu, dapat menurunkan risiko terkena alzheimer hingga 76 persen dibandingkan orang yang tidak minum jus sama sekali. (Kilau Riksaning Ayu/YSH)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini