Sukses

Tips Sederhana agar Nasi Tak Mudah Basi dan Kering di Rice Cooker

Penggunaan rice cooker dapat membuat nasi cepat basi, berwarna kuning, bahkan cenderung kering.

Liputan6.com, Jakarta Kini memasak dan menyimpan nasi bisa lebih praktis dengan adanya rice cooker. Alat masak satu itu memang wajib ada di dapur. Penggunaan rice cooker sangat membantu para ibu memasak nasi karena tidak membutuhkan waktu terlalu lama.

Akan tetapi, penggunaan rice cooker dapat membuat nasi cepat basi, berwarna kuning, bahkan cenderung kering. Nah, agar tak mengalami masalah tersebut, Anda dapat mengikuti tips berikut, seperti yang dilansir vemale.com.

1. Pakai jeruk lemon

Sebelum memasak nasi, tambahkan beberapa tetes air jeruk lemon ke dalam beras. Air jeruk lemon selama ini dipercaya bisa membuat tekstur nasi semakin lembut dan sesuai dengan lidah kita. Selain itu, warna nasi menjadi lebih putih dan tak akan mudah basi atau kering.

2. Cuci beras hingga bersih

Usahakan untuk mencuci beras hingga bersih sebelum memasak. Mencuci beras hingga bersih tak hanya akan membuat nasi menjadi bersih dan putih. Tips ini juga memungkinkan nasi yang dihasilkan akan semakin enak dan tak mudah basi serta kering.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips

3. Masak untuk sekali makan

Agar nasi selalu fresh dan enak, disarankan agar masak buat satu kali makan. Hindari menanak nasi di pagi hari sementara makannya di sore hari atau bahkan malam hari. Usahakan untuk masak di pagi hari buat makan pagi, masak siang buat makan siang, dan seterusnya.

4. Aduk nasi saat memasak

Jangan lupa mengaduk nasi saat proses memasak. Mengaduk nasi ini tujuannya agar nasi matang sempurna dan rata. Mengaduk nasi saat proses memasak juga akan membuat tekstur menjadi lebih lembut. Mengaduk ini juga memungkinkan uap air yang ada di sela-sela nasi dapat tersebar rata.

5. Gunakan rice cooker berkualitas

Pastikan untuk menggunakan rice cooker yang berkualitas, dalam kondisi baik dan terdiri dari elemen-elemen yang baik pula. Jangan sampai rice cooker yang dipakai adalah alat yang mengalami kerusakan baik di satu elemennya atau lebih.

Sumber: Feed.Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.