Sukses

Memukau dan Misterius, 6 Fakta Gua Terdalam di Dunia

Alam seolah tak kehabisan misteri untuk diungkap. Baru-baru ini, sebuah tim ekspedisi berhasil mengungkap jati diri gua misterius di Meksiko.

Liputan6.com, Jakarta - Alam seolah tak kehabisan misteri untuk diungkap. Baru-baru ini, sebuah tim ekspedisi berhasil mengungkap jati diri gua misterius di Meksiko.

Selama bertahun-tahun, tim ekspedisi Gran Acuifero Maya (GAM) melakukan penjelajahan di gua-gua di Meksiko. Sampai pada Januari lalu, petualangan mereka terhenti di dua buah mulut gua misterius di Meksiko.

Berdasarkan data yang mereka miliki, terdapat sekitar 10 ribu mulut gua di sekitar Yucatan Peninsula. Diduga, gua-gua tersebut saling berhubungan.

Untuk mengetahui kebenaran dugaan mereka, tim GAM melakukan penjelajahan dengan masuk lewat dua gua bawah air terbesar di Meksiko: Sac Actun dan Dos Ojos. Panjang gua ini sekitar 347 km dan kedalamannya mencapai 20 meter.

Penelitian yang dipimpin oleh Guillermo de Anda tersebut dilakukan dengan hati-hati. Sambil menyelam, mereka mencatat arah perjalanan.

Butuh waktu 14 tahun untuk melakukan riset isi gua. Dalam penjelajahan, tim GAM kerap menemukan hal-hal tak terduga. Berikut beberapa foto tersebut seperti dilansir dari Lifebuzz.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Pintu masuk gua yang indah

3 dari 7 halaman

2. Tampak seperti labirin dengan lorong misterius

4 dari 7 halaman

3. Pertemuan gua Sac Actun dan Dos Ojos

5 dari 7 halaman

4. Penemuan sisa peninggalan suku Maya

6 dari 7 halaman

5. Penemuan keramik suku Maya yang masih utuh

7 dari 7 halaman

6. Terdapat sistem tunneling lain di dalam gua

Reporter:

Kurnia Putri Utomo

Sumber: Brilio.net

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.