Sukses

Lycanthropy, Kelainan Jiwa yang Mengubah Penderita Seperti Serigala

Bukan sekedar mitos, ternyata manusia serigala dikenal sebagai kelainan jiwa di dunia medis yang membuat penderitanya berprilaku seperti serigala

Liputan6.com, Jakarta Untuk Anda pecinta film luar negeri, pasti pernah menonton film The Wolfman. Film yang menceritakan seorang manusia yang berubah menjadi sosok serigala ini, populer pada akhir tahun 2010. Di dunia medis, ternyata sosok manusia serigala ini dikenal sebagai kelainan langka yang sering disebut Lycanthropy klinis.

Kelainan ini menyebabkan penderitanya percaya bahwa dirinya bisa berubah menjadi sosok serigala jadi-jadian. Penderita akan menunjukan gejala seperti mengeram, berjalan dengan tangan dan kaki, menggigit barang-barang di sekitar, serta memakan makanan yang tidak lazim.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Merupakan Gangguan Jiwa Akibat Depresi Berat

Lycanthropy klinis secara umum merupakan ekspresi dari gangguan Skizofrenia, gangguan bipolar, atau depresi berat. Kasus gangguan jiwa ini pertama kali pertama kali ditemukan pada tahun 1852, di mana seorang pria dikirim ke rumah sakit jiwa di Nancy, Prancis karena meyakini dirinya telah berubah menjadi seekor serigala.

Pria tersebut membuka mulutnya seolah menunjukan gigi tajamnya, dan mengeluh tubuhnya dipenuhi rambut panjang. Selain itu, dia meminta daging mentah sebagai makanannya, bukan daging mentah segar melainkan daging yang sudah busuk.

3 dari 3 halaman

Merupakan Kelainan Sistem Saraf Otak

Ternyata kondisi ini merupakan kelainan sistem saraf otak karena terciptanya sensasi fisik dan bagaimana seseorang memahami tubuhnya. Otak penderita akan menerjemahkan setiap stimulus yang masuk, dan meresponnya sebagai sosok serigala. Karena gangguan jiwa ini terjadi bersamaan dengan gangguan jiwa lainnya seperti bipolar, untuk mengatasinya adalah dengan mengobati gangguan yang mendasari penyakit tersebut.

 

Penulis:

Latif Munawar

Reporter Sahabat Liputan6.com

Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @sahabatliputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.