Sukses

Tak Seperti Jakarta, Ini 6 Kota di Dunia yang Sangat Manjakan Pejalan Kaki

Memprioritaskan pejalan kaki, kota-kota ini sangat ramah bagi orang yang memilih berjalan kaki.

Liputan6.com, Jakarta - Berjalan kaki memang menjadi aktifitas yang sangat baik bagi tubuh. Pakar kesehatan bahkan menyarankan orang untuk berjalan kaki setidaknya 10-15 menit setiap harinya. Banyak penyakit yang mengintai jika kita tidak menggerakkan anggota tubuh kita.

Namun, permasalahannya di negara Indonesia khususnya di Jakarta, jalan kaki merupakan aktifitas yang malas dilakukan. Banyak faktor yang membuat masyarakat malas berjalan kaki, salah satunya fasilitas trotoar untuk pejalan kaki sangatlah buruk dan tidak memadai.

Tidak sedikit trotoar di Jakarta rusak, sehingga tidak nyaman untuk dilalui. Bahkan tidak sedikit trotoar yang diperuntukkan untuk pejalan kaki dilalui kendaraan bermotor roda dua hingga dijadikan tempat usaha. Fasilitas publik yang kurang memadai menjadi warga Jakarta malas untuk berjalan kaki.

Tak seperti Jakarta, 6 kota ini malah mengutamakan fasilitas publik dan sangat memanjakan para pejalan kaki. Berikut 6 kota yang paling nyaman untuk berjalan kaki.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. New York, Amerika Serikat

Negeri yang dijuluki sebagai Negeri Paman Sam ini ternyata sangat memanjakan para pejalan kaki. Negara super power ini paham dengan apa yang dibutuhkan bagi para pejalan kaki. Pemerintah sengaja membaguskan wilayah wisata dan pusat perbelanjaan agar para wisatawan betah berjalan kaki.

Kota New York, Amerika ini enggak usah diragukan lagi trotoarnya. Memiliki trotoar yang luas, bersih dan seluruh bloknya diberi nama dan nomor dengan jelas. Di New York, kita bisa berjalan kaki di Times Square, Fith Avenue atau menyebrangi jembatan Brooklyn ke Clinton Hill.

3 dari 7 halaman

2. Paris, Prancis

Kota yang terkenal akan keromantisannya ini ternyata benar-benar romantis bagi para pejalan kaki. Memiliki tata kota yang nyaman, sejuk, dan artistik, membuat para wisatawan betah berjalan sambil menikmati ikon kota Paris, Menara Eiffel.

Di Paris banyak kawasan yang bebas kendaraan bermotor. Jadi akan sangat nyaman jika berjalan kaki keliling kota. Dibutuhkan waktu beberapa hari untuk menyusuri tiap sudut kota Paris dengan berjalan kaki. Tetapi, sangat layak menjelajahi kota ini dengan berjalan kaki.

 

4 dari 7 halaman

3. Florence, Italia

Negara yang terkenal dengan Menara Pisa ini memang menarik untuk dikunjungi. Selain memiliki wisata sejarah dan menikmati bangunan yang artistik, di kota Florence merupakan tempat yang pas untuk wisatawan yang gemar berjalan kaki.

Peraturan berkendara di pusat kota Florence, Italia ini cukup ketat.  Kendaraan pribadi atau kendaraan umum yang memiliki surat ijin khusus yang boleh lalu lalang di jalan raya kota Florence. Yang enggak punya surat izin, disarankan untuk berjalan kaki.

Sering disebut juga sebagai museum terbuka, kota yang sarat dengan bangunan kuno ini memiliki banyak tempat yang bisa disinggahi dengan berjalan kaki, mulai dari Cattedrale di Santa Maria del Fiore, sampai jembatan bersejarah Ponte Vecchio.

Sepanjang jalan kita juga akan mudah menemui kafe, bar, atau restoran untuk bersantai sambil mengistirahatkan kaki.

5 dari 7 halaman

4. Vancouver, Kanada

Kanada, negara yang dikenal sebagai negara yang sangat maju ini memang benar adanya. Pasalnya, kota di Kanada sadar bahwa membatasi jumlah kendaraan dan meningkatkan transportasi publik sangat baik untuk pertumbuhan kota kedepannya.

Vancouver merupakan kota terbaik di Kanada untuk pejalan kaki dibandingkan kota-kota lainnya. sebagian besar penduduk Vancouver memilih berjalan kaki karena pemerintah kotanya telah membangun sistem transportasi yang memudahkan, memanjakan, dan layak ditumpangi.

Kawasan populer untuk pejalan kaki adalah False Creek, Granville Island, North Vancouver, Stanley Park, dan Stanley Park yang mudah diakses dari pusat kota Vancouver. Stanley Park memiliki pemandangan indah dan dianggap sebagai taman kota terbaik di Amerika Utara.

6 dari 7 halaman

5. Melbourne, Australia

Negara yang terkenal dengan binatang kangguru ini memiliki kota yang sangat nyaman bagi pejalan kaki. Kota Melbourne, menjadi kota yang sangat memanjakan para pejalan kaki. 

Melbourne banyak memiliki bangunan tua bergaya Eropa yang berdampingan dengan bangunan modern minimalis maupun pencakar langit. Dari pinggiran kota sampai pusat kota sangat asyik dan nyaman untuk berjalan kaki.

Kawasan terbaik untuk berjalan kaki bagi wisatawan adalah Yarra River, Royal Botanic Gardens, Alexandra Gardens.

 

7 dari 7 halaman

6. Vientiane, Laos

Ternyata di benua Asia juga memiliki kota yang nyaman bagi pejalan kaki. Laos, memiliki kota yang nyaman untuk dikunjungi bagi para pejalan kaki. Meskipun negara ini terhimpit atau terkurung oleh negara Myanmar, Tiongkok, Vietnam, Kamboja, dan Thailand, negara Laos tidak mempersempit akses bagi para pejalan kaki.

Tepatnya di kota Vientiane, di sini para pejalan kaki sangat dimanjakan. Adanya perpaduan budaya Prancis dan Laos membuat tata ruang kota ini rapi dan luas. Berjalan kaki di trotoar diiringi suara air dari sungai Mekong membuat para pejalan kaki merasa rileks.

Kita juga bisa berjalan kaki dari stupa Buddha Pha That Luang sampai monumen Patuxay tanpa gangguan kendaraan bermotor.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.