Sukses

5 Tokoh Dunia Ini Bagian Tubuhnya Diawetkan, Siapa Saja?

Memiliki pengaruh besar membuat beberapa bagian penting jasad para tokoh ini diawetkan.

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi tokoh terkenal terlebih lagi sosok tersebut sangat berpengaruh pada lingkungan luas, sangat lah susah untuk dicapai. Perlu pemikiran dan tindakan yang bisa berpengaruh bagi orang banyak.

Banyak yang bisa didapatkan jika kita menjadi tokoh terkenal, salah satunya dipandang dan tidak dianggap sebelah mata. Namun, tidak nyamannya menjadi orang terkenal yaitu akan ada juga orang-orang yang membenci kita.

Tak sedikit percobaan tindakan kekerasan hingga pembunuhan yang dialami tokoh besar. Bahkan diantaranya berhasil mengenai target. Tidak sampai disitu saja, tokoh besar yang sudah tak bernyawa juga akan diburu jasadnya untuk kepentingan pribadi maupun publik.

Berikut daftar tokoh sejarah terkenal yang bagian tubuhnya telah diawetkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Albert Einstein

Albert Einstein adalah salah satu tokoh yang memiliki pemikiran jenius dan luar biasa. Berkat teorinya, dunia menuju ke era modern. Diketahui kecerdasan intelektual Albert Einstein sekitar 160 sampai 190.

Karena kepintaran dan kecerdasannya-lah, Einstein menjadi terkenal. Meninggalnya pada 18 April 1955 menjadi berita populer di dunia saat itu. Memiliki tingkat kecerdasan yang luar biasa, para ilmuwan dan dokter sepakat untuk mengautopsi jasadnya dan mempertahankan otak manusia jenius ini.

 

3 dari 6 halaman

2. Oliver Cromwell

Oliver Cromwell adalah seorang politikus di Inggris yang meninggal pada tanggal 3 September 1658. Setelah dua tahun kematiannya, makam Cromwell kembali digali oleh orang-orang yang dipimpin Raja Charles II.

Setelah berhasil mendapatkan jasad Cromwell, mereka memenggal kepala politisi ini. Alasan mereka memenggal Cromwell adalah bahwa dia orang yang bertanggung jawab atas eksekusi yang di dapatkan Raja Charles I, yang tidak lain adalahnya ayahnya Charles II.

Kini kepala Cromwell diawetkan dan disimpan di Sidney Sussex College, Cambridge, untuk alasan sejarah.

4 dari 6 halaman

3. Galileo Galilei

Galileo Galilei, bapak matematika yang hampir dikenal semua orang. Bahkan sejak kita duduk di bangku sekolah dasar, namanya sudah muncul sebagai pembuka pelajaran matematika.

Ahli matematika dan astronom ini meninggal pada tanggal 8 Januari 1642. Hampir 100 tahun kematiannya, para penggemar fanatik mencari makam bapak matematika dan mengambil tiga jarinya untuk disimpan.

Seiring berjalannya waktu, akhirnya tiga jari Galileo disimpan oleh pihak berwajib dan sekarang jari bapak matematika ini bisa kita lihat di Florence History of Science Museum.

5 dari 6 halaman

4. Che Guevara

Che Guevara adalah adalah seorang revolusioner, dokter, pengarang, pemimpin gerilya, diplomat dan pakar teori militer Marxis Argentina. Sebagai figur besar dari Revolusi Kuba, jasa-jasanya telah menjadi simbol pemberontakan kontra-kebudayaan dan lambang global dalam budaya populer.

Memilih jalan sebagai seorang revolusioner membuat dirinya memiliki banyak musuh. Che Guevara dibunuh oleh tentara di hutan Bolivia pada tahun 1967. Setelah kematiannya, sebuah kantor CIA mengeluarkan sebagian rambutnya dan kemudian dijual seharga 1,3 miliyar rupiah.

6 dari 6 halaman

5. Napoleon Bonaparte

Napoleon Bonaparte adalah sosok yang ditakuti musuhnya pada eranya. Napoleon Bonaparte adalah seorang pemimpin militer dan politik Prancis yang terkenal saat Perang Revolusioner.

Napoleon memiliki pengaruh yang besar terhadap persoalan-persoalan Eropa. Banyak perang yang ia menangkan sebelum kekalahan terakhirnya pada tahun 1815.

Karena merupakan salah seorang panglima terhebat dalam sejarah, kampanye-kampanyenya dipelajari di sekolah-sekolah militer di seluruh dunia.

Napoleon Bonaparte meninggal pada tanggal 5 Mei 1821. Setelah kematiannya, saat itu para dokter yang melakukan otopsi melepaskan alat kelaminnya. Lepasnya alat kelamin Napoleon dari tubuhnya langsung menjadi bahan pelelangan dan ditampilkan berkali-kali di depan publik pada masanya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.