Sukses

Pakai Kloset Duduk Bentuk U Diklaim Lebih Baik, Benarkah?

Ternyata kloset duduk berbentuk U lebih baik daripada kloset duduk biasa.

Liputan6.com, Jakarta - Kloset duduk memang sudah sering kita temukan di banyak tempat. Meskipun terkadang masih banyak orang lebih memilih toilet jongkok, sebenarnya kloset duduk memiliki sejumlah keuntungan. Jika kamu menemukan kloset duduk berbentuk "U" maka kamu beruntung.

Ada alasan di balik mengapa sejumlah perusahaan masih menggunakan kloset duduk model U. Melansir Shared, Senin (19/2/2018), alasan kuat mengapa hal itu terjadi karena mulanya di pihak negara bagian di California, AS menerapkan kode-kode pipa yang ditujukkan langsung untuk semua kloset.

"Semua kloset kecuali yang berada dalam hunian harus berupa tipe depan terbuka atau memiliki dispenser penutup kursi otomatis (dispenser penutup kursi otomatis memiliki fitur membersihkan dudukan toilet dengan plastik secara otomatis)."

Hal ini sudah berlaku lama sejak 1955. Alasan yang kuat mengapa pemerintah melakukan hal itu disebabkan karena tujuan kebersihan. Kloset duuduk berbentuk "U" dianggap dapat memberikan ruang ekstra kepada alat kelamin sehingga tak langsung menyentuh dudukan kloset.

Selain itu, bentuk "U" juga memberikan tempat agar urine kita tidak langsung menyebabkan percikan. Kloset duduk berbentuk "U" juga dianggap memudahkan wanita saat menyeka, tangan mereka tak dapat secara langsung menyentuh tempat duduk sehingga dinilai efektif.

Tak hanya untuk tujuan kebersihan, kloset jongkok berbentuk "U" juga diproduksi lebih murah karena bentuknya mengurangi bahan material. Meskipun terdengarannya lucu, kloset bentuk "U" juga tak mudah untuk dicuri. Mengingat sejumlah negara saat ini sudah semakin canggih dalam mengembangkan tempat duduk toilet. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ada Kasus Pencurian Tempat Duduk Toilet

Pasangan turis asal Taizhou Tiongkok, ketahuan mencuri sebuah dudukan toilet saat mereka berlibur ke Jepang. Kejadian ini terjadi pada Oktober 2016 silam. Pasangan bernama Li dan Chen menginap pada sebuah hotel di Nagoya.

Mulanya, mereka berdalih bahwa dudukan toilet itu mereka ambil karena ditinggalkan oleh tamu lain yang menginap dalam kamar mereka. Akhirnya pasangan itu diseret oleh polisi setelah merek pihak hotel melaporkan hal ini.

Di Tiongkok, toilet canggih buatan Jepang yang memiliki banyak fungsi dianggap menonjolkan status kekayaan seseorang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.