Sukses

Jaga Adik Sambil Sekolah, Perjuangan Anak Kelas 1 SD Tuai Pujian

Tidak ingin ketinggalan mata pelajaran dan mengutamakan pendidikan, bocah ini mengasuh adiknya sambil sekolah.

Liputan6.com, Jakarta - Pendidikan sangat penting di era sekarang ini. Berkembangnya zaman menuntut kita agar terus memperoleh ilmu pengetahuan. Dengan mengedepankan pendidikan, kita tentu bisa mengubah nasib kita menjadi lebih baik.

Namun, tidak semua orang yang peduli dengan pendidikan. Hal ini banyak terjadi di daerah berkembang, khususnya daerah pedesaan. Banyak anak memilih meninggalkan pendidikan hanya untuk membantu orangtuanya berkebun atau mengurus rumah selagi orangtuanya bekerja.

Selain itu, banyak siswa yang bolos sekolah dan melakukan apa pun yang mereka inginkan selama mereka membolos. Siswa seperti ini tidak menyadari bahwa mereka benar-benar membuang uang orang tua mereka. Pada akhirnya, apa yang mereka lakukan justru membahayakan masa depan mereka.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tetap Berjuang

Di antara banyaknya anak yang memilih untuk meninggalkan sekolah, masih ada segelintir anak yang ingin terus mengedepankan pendidikan. Salah satunya bocah bernama Justin ini.

Bocah asal Filipina ini memutuskan untuk mengutaman pendidikan, meski ia terlahir dari keluarga tak berkecukupan. Dia bahkan tak mempedulikan pengorbanan yang dia lakukan, demi bisa belajar.

Di Filipina sendiri banyak keluarga yang teramat miskin, sehingga membuat beberapa anak dipaksa untuk tinggal di rumah dan merawat adik-adik mereka selagi orangtuanya bekerja.

Namun, bocah kelas satu sekolah dasar (SD) itu berbeda dengan bocah lainnya. Alih-alih tinggal di rumah dan merawat adiknya yang berumur satu tahun, Justin memutuskan untuk membawa adiknya ke sekolah agar ia bisa terus belajar.

 

3 dari 3 halaman

Menginspirasi Banyak Orang

Foto Justin mendadak sontak menyedot perhatian warganet. Foto tersebut dibagikan oleh Ma'am Lei dari Salvacion Elementary School, Filipina.

Warganet kagum dengan ketekunan Justin dalam memperjuangkan pendidikan. Foto yang menjadi perbincangan viral ini ditanggapi berbagai respons warganet. Mereka berharap agar anak-anak lainnya mengikuti semangat Justin.

Bocah itu tentu menjadi salah satu contoh anak yang menginspirasi anak lainnya agar bisa belajar dengan giat demi masa depan mereka sendiri.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.