Sukses

Makan 3 Butir Telur Tiap Hari, Ini yang Terjadi pada Tubuhmu

Liputan6.com, Jakarta Sudah jadi pengetahuan umum, telur memiliki banyak manfaat pada kesehatan. Misalnya saja, 90 persen kalsium dan zat besi telur ditemukan di kuning telur. Di sisi lain, putih telur mengandung hampir setengah dari protein telur itu sendiri.

Telur memiliki indeks kenyang tinggi yang membuat perut Anda terasa kenyang. Satu telur berukuran sedang mengandung 6 gram protein berkualitas tinggi dan protein lainnya, kecuali Vitamin C. Itu sebabnya mengapa Anda harus menggabungkan jus buah dengan roti isi telur untuk sarapan pagi.

Sekelompok peneliti telah mengemukan bahwa orang yang tidak mengonsumsi telur cenderung kekurangan Vitamin A, Vitamin C, dan Vitamin B12. Telur menyumbang 10-20 persen folat dan 20-30 persen Vitamin A, Vitamin E, dan Vitamin B12 bagi yang mengonsumsinya.

Telur menyediakan tubuh Anda paket asam amino yang dibutuhkan untuk membangun massa otot dan memperbaiki jaringan. Pakar nutrisi bahkan menganjurkan Anda untuk makan tiga butir telur utuh per hari untuk diet seimbang.

Telur memang mengandung sejumlah kolestrol, tapi kolestrol yang dihasilkan adalah HDL atau kolestrol baik. Sementara, lemak trans yang ditemukan dalam makanan gorengan justru lebih banyak mengandung kolestrol jahat atau LDL.

Jadi, mengonsumsi telur tidak hanya membawa manfaat penting bagi kesehatan Anda, tapi dapat membalikkan efek negatif dari makanan cepat saji yang Anda konsumsi.

Dengan mengonsumsi tiga butir telur setiap hari, berikut manfaat yang akan tubuh Anda peroleh:

1. Melindungi penglihatan

Menurut para ahli, kuning telur mengandung karotenoid yang membantu mencegah degenerasi makula (penyebab utama kebutaan). Karotenoid lebih banyak ditemukan pada sayuran berdaun hijau, tapi penelitian menunjukkan bahwa tubuh lebih mampu menyerapnya dengan baik dari telur. Selain itu, kuning telur juga mengandung zeaxanthin, antioksidan yang melindungi mata dari radiasi ultraviolet yang berbahaya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Melindungi kesehatan tulang

Vitamin D sangat penting untuk penyerapan kalsium dan menjaga kesehatan tulang. Jika tubuh kekurangan zat ini, risiko osteoporosis dan penyakit tulang lainnya pun meningkat. Bila Anda tak punya cukup waktu untuk berjemur, telur bisa menjadi cara yang mudah untuk memasok tubuh dengan jumlah vitamin yang layak.

3. Melawan defisiensi zat besi

Kekurangan zat besi ditandai dengan seringnya sakit kepala, kelelahan, dan mudah tersinggung. Jika Anda menderita kekurangan zat besi, telur dapat membantu Anda. Ahli gizi mengklaim bahwa 2 butir telur mengandung 2 miligram zat besi.

 

3 dari 3 halaman

4. Mempertahankan berat badan sehat

Seperti yang dibahas di atas, telur dapat membantu Anda meningkatkan rasa kenyang dan mengendalikan rasa lapar dengan mudah. Artinya, telur bisa membantu menurunkan berat badan dan menjaga berat badan tetap sehat.

Jumlah protein tinggi yang ditemukan pada telur menyediakan sumber energi yang stabil dan berkelanjutan untuk tubuh Anda.

5. Perkembangan otak yang sehat

Kuning telur mengandung sejumlah kolin yang tinggi. Ini baik untuk memperbaiki fungsi otak. Senyawa ini sangat berguna dan penting untuk perkembangan otak yang sehat.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.