Sukses

Ini Alasan Kucing Suka Mengikuti Kita ke Kamar Mandi

Liputan6.com, Jakarta Kucing merupakan hewan yang misterius. Kadangkala kita tak mengerti mengapa mereka sangat suka berdiam diri dan menatap sudut pandang yang sama tanpa bergerak.

Tingkah aneh kucing terkadang membuat kita bertanya-tanya mengapa mereka bisa berbuat seperti itu. Salah satu keanehan lainnya yakni, mengikuti kita ke kamar mandi. Bukan menjadi hal yang aneh untuk para pecinta kucing, hewan berbulu satu ini kerap mengikuti kita buang air di toilet atau kamar mandi.

Entah apa yang meliputi rasa penasaran mereka. Namun sejumlah ahli hewan punya pandangan masing-masing mengenai fenomena tersebut.

"Kucing bisa mencari tempat yang paling hangat di rumah atau mereka senang mengeksploitasi perhatian dari para pemilik mereka," ujar Imogene Cancellare, melansir Inverse, Selasa (23/1/2018).

Karena kita sering sibuk dengan banyak urusan, saat kita buang air, kucing bisa paham bahwa kita sedang punya waktu sendiri. Mereka bisa memafaatkan kesempatan itu untuk menarik perhatian kita.

Selain itu, menurut Mikel Delgado dari Sekolah Dokter Hewan UC Davis menyebutkan bahwa kucing punya insting menjelajah. Sehingga tak aneh jika mereka ingin tahu lebih banyak tentang daerah kekuasaannya termasuk kamar mandi yang kerap kita gunakan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Teori lain yang lebih meyakinkan

Anggapan lain menyebutkan bahwa tindakan tersebut berkaitan dengan insting kucing sebagai seorang predator.

"Kucing punya naluri alamiah sebagai predator namun karena ukuran tubuhnya, mereka juga bisa menjadi mangsa. Kita sebagai manusia yang merawat mereka, bisa membuat kucing merasa rentan jika kehadiran kita tiba-tiba menghilang atau tak ada," ucap Dr. Kathryn Primm dari Rumah Sakit Hewan Applebook di Ooltewah.

Rasa penasaran yang tinggi juga bisa muncul setiap saat pada pikiran kucing. Ketika kita masuk ke sebuah ruangan dan menutup pintu, tindakan tersebut dianggapnya misterius. Sedangkan bagi mereka, rumah kita dianggapnya sebagai bagian dari wilayah kekuasaan dan pengaruhnya.

Oleh sebab itu, kucing merasa penasaran ketika kita masuk ke kamar mandi dan menutup pintu dihadapan mereka. Kucing akan tahu jika mereka mengeceknya ke dalam. 

Biasanya mereka akan menggaruk-garuk pintu agar rasa penasaran mereka terlampiaskan dengan masuk ke dalam kamar mandi. Itulah alasan mengapa kucing tertarik untuk pergi ke kamar mandi.

Jika kucingmu sering penasaran mengikutimu ke kamar mandi, ada baiknya biarkan pintunya terbuka. Bebaskan kucing menjelajah kamar mandimu, sampai akhirnya mereka bosan atau tahu adanya air yang dapat membuat mereka takut.

Saksikan Video Pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.