Sukses

Waspada, Jangan Lakukan 6 Hal Ini di Situs Kencan Online

Beberapa hal ini tak boleh kamu lakukan di aplikasi kencan online. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Beragam aplikasi memang diciptakan untuk membantu penggunanya nyaris dalam segala hal, termasuk mencari jodoh alias pasangan hidup. Berbagai aplikasi pencarian jodoh atau aplikasi kencan online seperti Tinder atau Setipe memang ditujukan buat para jomblo menemukan pendamping.

Meski begitu, kamu tetap harus waspada ya. Berbagai kejahatan bisa menimpa kamu akibat aplikasi tersebut. Berikut beberapa hal yang tak boleh kamu lakukan di aplikasi kencan online.

1. Pasang Foto Profil dengan Kerabat

Tiap orang pasti akan memasang foto terbaik untuk dijadikan profile picture. Hati-hati! Usahakan untuk tidak memasang foto bersama keluarga terdekat, saudara, kerabat bahkan mantan sebagai foto profil.

Pertama, belum tentu orang yang ada di foto setuju wajahnya digunakan dalam foto profil kamu. Kedua, foto profil kamu (yang ada orang lain di dalamnya) mungkin saja disalah gunakan orang enggak bertanggung jawab. Ketiga, buat apa pajang foto bareng mantan di situs kencan?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Tulis Biodata Super Panjang

Layaknya media sosial, aplikasi kencan online juga menyediakan semacam kolom biodata untuk kamu isi deskripsi seputar diri kamu. Jangan membuat bio yang super panjang! Karena terlepas dari penting enggak pentingnya isi, bio itu malah akan bikin orang malas dan menghambat kamu dapat pasangan.

3 dari 6 halaman

3. Kesan Pertama Terlalu Baper

Ketika kamu menemukan orang yang kamu rasa tepat dan cocok, kamu tetap perlu waspada dan tetap memasang 'pertahanan' yang kokoh. Jangan terlalu baper dan percaya gitu aja sama semua kata-kata si pasangan baru kamu itu. Salah-salah, kamu bisa jadi korban kejahatan akibat aplikasi kencan online.

4 dari 6 halaman

4. Mudah Berbagi Informasi Personal

Kamu harusnya tau kalau informasi personal yang bersifat pribadi seperti alamat rumah, lokasi kamu berada, atau hal privat lainnya harusnya tak boleh sembarangan kamu umbar ke orang lain, termasuk teman kencan online kamu. Jika iya, kamu harus segera mengubah sikap itu ya.

5 dari 6 halaman

5. Tersambung dengan Medsos

Aplikasi kencan online seperti Tinder memang mempunyai fitur yang menyambungkan aplikasi tersebut dengan aplikasi lain, diantaranya Facebook, Instagram dan Spotify. Kamu tentu enggak mau kan teman dan kerabat dekat kamu di medsos mengetahui aktivitas kamu di Tinder?

Segera putuskan hubungan antar dua aplikasi tersebut via pengaturan atau menu settings di akun medsos. Dengan begitu, kerabat kamu di aplikasi-aplikasi tersebut tak akan tahu apa aja aktivitasmu di Tinder.

6 dari 6 halaman

6. Kadung Percaya, Mengurangi Kewaspadaan

Seyakin apapun kamu dengan teman kencan kamu di aplikasi kencan online, kamu tak boleh langsung percaya dengan orang tersebut sampai 100%. Rasa waspada tetap harus kamu miliki. Sekali lagi, hal itu berguna untuk mencegah kamu jadi korban kejahatan via aplikasi kencan online.

Selengkapnya bisa kamu baca di: https://jalantikus.com/tips/haram-aplikasi-online-dating/

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.