Bahaya yang Mengintai dari Es Teh Manis

Oleh Liputan6.com pada 13 Jan 2018, 15:00 WIB
Bahaya Es Teh Manis

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tidak kenal dengan minuman yang satu ini, es teh manis. Rata-rata orang Indonesia selalu memilih es teh manis ini menjadi menu minuman favoritnya. Kemasannya pun dibuat seunik-uniknya. Mulai dari dalam gelas hingga dalam botol. Tapi siapa sangka, minuman ini juga dapat membahayakan kesehatan tubuhmu. Apa saja yang berbahayak dari es teh manis? Simak di bawah ini.

1. Penyakit Diabetes

Es teh manis dapat menyebabkan penyakit diabetes yang karena gula yang terkandung di dalamnya, kebanyakan dibuat lebih dari batas takaran batas yang seharusnya.

2. Dehidrasi

Kafein yang terkandung di dalam es teh manis menyebabkan dehidrasi karena menumpuk dalam tubuh. Dan kamu akan lebih sering merasakan haus.

3. Kulit menjadi Kering

Kulit kering yang ditimbulkan karena dari dehidrasi yang kamu alami. So, lebih baik minum air putih kan?

1 of 2

4. Menyebabkan Obesitas

Sering mengkonsumsi es teh manis, dapat menyebabkan obesitas. Ini akan terjadi jika gula yang terkandung dalam es teh manis melebihi batas takarannya.

5. Menyebabkan Batu Ginjal

Dalam teh memang mengandung berbagai nutrisi, salah satunya oxalate. Banyak sekali makanan yang mengandung oxalate seperti bayam, coklat, dan lainnya. Namun jika kamu mengkonsumsi teh manis diatas batas normal, oxalate ini dapat meyerap dan mengikat konsentrasi dalam tubuhmu. Dan menjadi kristal oxalate yang menumpuk di dalam ginjal, yang dapat meyebabkan penyakit batu ginjal.

 

Penulis:

Fany Zahra

Universitas Bhayangkara Bekasi

Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @sahabatliputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami

 Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓