Sukses

Mengenal Arti Ekspresi Wajah Simpanse

Ternyata simpanse memilki ekspresi layaknya manusia untuk berkomunikasi

Liputan6.com, Jakarta Hampir sama dengan manusia, Simpanse bisa berkomunikasi secara non-verbal, menggunakan vokalisasi, gestur tangan, dan ekspresi wajah. Jika dibandingkan dengan otot wajah manusia yang berjumlah sekitar 43 otot, simpanse hanya memiliki 23 otot wajah. Namun, jumlah otot yang mengontrol wajah simpanse ini lebih banyak dibandingkan hewan primata lainnya.

Hal ini membuat simpanse mampu membuat ekspresi-ekspresi halus dengan wajahnya sama seperti manusia, seperti tersenyum dan mengerutkan bibir. Ternyata, setiap ekspresi simpanse memiliki makna tersendiri. Misalnya pada saat hewan ini membuka mulut dan gigi-giginya terlihat, biasanya simpanse tersebut menunjukkan bahwa ia sedang merasa tenang atau sedang bersikap ramah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Simpanse Mengerutkan Bibirnya Untuk Menunjukkan Ekspresi Meminta

Selain itu, Jika pada manusia melakukan gerakan menengadahkan tangan untuk ekspresi meminta, simpanse melakukan hal yang berbeda. Simpanse menunjukkan ekspresi meminta dengan mengerutkan bibirnya. Biasanya ekspresi ini ditujukan untuk meminta makanan dari simpanse lainnya. Ekspresi ini juga dilakukan untuk menunjukkan ketundukannya pada simpanse jantan yang berkuasa.

Terkadang simpanse menekan kedua bibirnya secara bersamaan, lalu meniup hingga pipinya mengembung. Ini menunjukkan ekspresi bahwa hewan primata ini sedang merasakan konflik di dalam pikirannya.

3 dari 3 halaman

Jika Sedang Marah Maka Alis Simpanse Akan Mengerut

Jika ekspresi ini ditambah dengan alis yang masih dalam kondisi normal, biasanya simpanse sedang bingung. Namun, jika ditambah alis yang mengerut, artinya simpanse tersebut sedang marah. Jadi saat anda berkunjung ke kebun binatang, tidak ada salahnya untuk mencoba menganalisa ekspresi simpanse terlebih dahulu sebelum anda ajak bermain.

 

Penulis:

Latif Munawar

Reporter Sahabat Liputan6.com

Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @sahabatliputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.