Sukses

Cara Terbaik Menghilangkan Bau Terasi dari Tangan

Mencuci tangan berkali-kali dengan mengunakan sabun kadang belum efektif menghilangkan sisa-sisa bau terasi.

Liputan6.com, Padang Terasi merupakan salah satu produk fermentasi yang biasa digunakan sebagai bahan tambahan makanan. Salah satu bumbu masakan ini memiliki rasa dan bau khas yang menyengat.

Pada umumya, masyarakat Indonesia sangat menyukai berbagai jenis makanan yang menggunakan terasi, seperti tumis kangkung terasi, nasi uduk sambal terasi, dan pecel ayam sambal terasi. Terasi selalu menjadi resep andalan bagi ibu-ibu rumah tangga dan para koki restoran Indonesia dalam menyajikan makanan terbaik mereka.

Namun sayangnya, bau terasi ini biasanya sedikit mengganggu dan sangat sulit dihilangkan, apalagi jika telah melekat di tangan kita. Mencuci tangan berkali-kali dengan mengunakan sabun sekalipun kadang belum efektif menghilangkan sisa-sisa bau terasi yang khas ini.

Lantas apakah kita harus menghindari jenis makanan terasi yang nikmat tersebut hanya untuk menghindari baunya yang sulit dihilangkan? Tentu saja tidak, kita dapat menemukan berbagai cara efektif untuk menghilangkan atau menetralkan bau tersebut dengan mengetahui sumber dan penyebab utama dari bau khas yang dihasilkan terasi.

Beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi atau menetralkan bau terasi yang melekat di tangan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Bau Terasi

1. Jeruk nipis

Senyawa-senyawa kimia dalam jeruk nipis dipercaya dapat mengatasi bau terasi. Seperti kandungan asam sitrat yang dapat mengurangi bau terasi dengan cara menurunkan atau menetralkan pH dari senyawa basa nitrogen volatil yang terdapat pada terasi.

Kandungan senyawa minyak atsiri yang memiliki aroma khas yang segar pada jeruk nipis juga mampu menutupi bau terasi yang melekat pada tangan kita. Sebab, minyak atsiri juga termasuk senyawa volatil. Cara penggunaannya adalah dengan menggosokkan atau merendam tangan kita pada air perasan jeruk nipis selama beberapa saat hingga bau terasi hilang.

3 dari 3 halaman

2. Aroma mint

Kita dapat menggunakan sabun atau antiseptik dengan aroma mint untuk menghilangkan bau terasi pada tangan, ataupun dengan menggunakan tumbuh-tubuhan yang juga mengandung aroma mint, seperti daun mint.

Aroma mint ini biasanya berasal dari ekstrak senyawa golongan minyak atsiri seperti mentol, menton, mentil asetat dan lain-lain. Aroma segar yang kuat dari senyawa-senyawa ini sangat efektif dalam mengatasi bau terasi pada tangan kita.

 

Penulis :

Nurul Pratiwi

Universitas Andalas

Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @sahabatliputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.