Sukses

Jangan Taruh 3 Benda Ini di Kulkas, Akibatnya Bisa Fatal

Jangan pernah meletakkan 3 benda ini di dalam kulkas atau di dekatnya. Kulkas bisa meledak karenanya

Liputan6.com, Jakarta - Seringkali terdengar rumah terbakar diakibatkan ledakan yang terjadi di kulkas. Ini biasanya terjadi karena benda-benda yang tak seharusnya diletakkan dalam kulkas menyebabkan ledakan.

Bisa juga, dikarenakan benda-benda elektronik diletakkan di atas kulkas. Benda-benda berikut sebaiknya tidak diletakkan di dalam kulkas, ini mencegah ledakan kulkas yang dapat berbahaya.

1. Jangan taruh es kering (dry ice) dalam freezer

Biasanya suhu freezer di kulkas ada di bawah minus 30 derajat selsius. Suhu ini biasanya membantu proses sublimasi dari benda padat ke gas.

Pada es kering, saat tersublimasi menjadi gas, volumenya akan menjadi 600-800 kali lebih besar. Peningkatan tekanan dan lingkungan yang tertutup rapat dapat membuat kulkas meledak.

2. Jangan taruh minuman bersoda di freezer

Sebagaimana yang kita ketahui, minuman bersoda memiliki banyak kandungan gas karbon dioksida. Saat minuman bersoda dikeluarkan dari freezer kulkas, suhu di sekitar kaleng itu akan secara tiba-tiba melonjak.

Di sisi lain, sejumlah besar gas di dalam minuman bersoda juga dilepaskan. Ini berakibat tekanan kaleng minuman bersoda akan lebih besar.

Tekanan di dalam kaleng minuman soda yang tertutup rapat dan tidak dapat mengeluarkan gasnya, begitu dibuka bisa melukai orang sekitarnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Jangan taruh minuman beralkohol, bensin, dan bahan mudah terbakar lainnya

Volume yang terbatas pada kulkas dapat dengan mudah menciptakan area ledakan, bahkan bila terkena percikan api sekecil apapun. Karena itu, jangan pernah meletakkan barang elektronik di atas kulkas karena bisa membuat kulkas panas.

Selain itu, pancaran gelombang elektromagnetik yang dikeluarkan barang elektronik juga dapat mengganggu sistem pendingin kulkas. Anda dapat bayangkan apa yang terjadi bila benda mudah terbakar diletakkan dekat kulkas?

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.