Jarang Ganti Sarung Bantal, Tungau Bersarang di Bulu Mata

Oleh Nur Aida Tifani pada 07 Des 2017, 13:31 WIB
Jarang Ganti Sarung Bantal, Tungau Bersarang di Bulu Mata

Liputan6.com, Jakarta Ada beberapa hal di rumah kita yang harus diganti dalam beberapa waktu. Termasuk di bagian kamar tempat tidur yang menjadi tempat kita beristirahat setiap hari.

Oleh karena itu, agar tubuh kita menjadi sehat, menjadi sangat penting untuk mempertimbangkan kebersihan kamar tidur kita.

Salah satu cara yang bisa rutin kita lakukan ialah, mengganti sprei ataupun sarung bantal kita dengan sering. Jika kamu jarang menggantinya, maka berhati-hatilah agar tidak mengalami hal yang sama seperti wanita asal Hubei, Tiongkok ini.

Selama dua tahun, seorang wanita dengan nama keluarga Xu sering mengalami gatal dan merah pada matanya. Xu hanya mengandalkan obat tetes mata untuk mengobati kondisi tersebut. Ia juga mengabaikan kondisi ini padahal rasa gatal dan merah pada bola matanya sudah berkepanjangan.

Sampai akhirnya Xu melaporkan masalah ini pada keluarganya. Dirinya merasa bola matanya terus terasa sangat kering. Selain itu, ia juga mengeluhkan bulu matanya sering menempel satu sama lain.

 

Tak mengganti sarung bantal, tungau bersarang pada mulu mata wanita di Tiongkok. Source: Oriental Daily

Karena merasa khawatir, akhirnya keluarganya membawa Xu kerumah sakit untuk melakukan pemeriksaan dan mendapat penanganan yang tepat. Dokter yang memeriksa keadaan mata Xu menemukan banyaknya tungau pada bagian bulu matanya.

Dokter mendiagnosis keluhan Xu dengan conjunctivis dan blepharitis atau kondisi kelopak mata terjadi inflamasi karena infeksi bateri. Namun dalam kasus Xu, infeksi pada matanya disebabkan oleh banyaknya tungau pada matanya.

Dokter yang meneliti kasus Xu dengan menggunakan mikroskop menyebutkan, terdapat sepuluh lebih tungau pada sehelai bulu matanya. Jika digabungkan dengan bulu mata lainnya jumlah tungau pada matanya bisa mencapai ratusan.

 

1 of 2

Penyebab bersarangnya tungau

Jarang Ganti Sarung Bantal, Tungau Bersarang di Bulu Mata
Hasil mikroskop pada mata Xu. Credit: Apple daily

Hal ini bisa terjadi karena persoalan kebersihan ruangan di kamar kita. Tungau sendiri bisa hidup pada bagian kasur dan bantal kita. Oleh karena itu, sangat perlu untuk menghadirkan sirkulasi udara dalam kamar.

Xu yang mengalami kasus ini disebakan karena tak mengganti sarung bantalnya selama empat atau lima tahun. Hal inilah yang membuat dokter mengira, tungau pada bantal Xu berpindah pada bagian matanya.

Agar menghindari hal sama, kamu perlu untuk seirng mengganti sprei serta sarung bantal dan guling. Selain itu biarkan udara mengalir di ruangan kamarmu. Akan lebih baik jika ruangan terkena sinar matahari. Pastikan agar selalu mencuci tangan dan menjaga kebersihanmu.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait