Berangkat dari Sebuah CV Menjadi Finalis CJA Balikpapan

Oleh Liputan6.com pada 06 Des 2017, 18:50 WIB
Candra Winata

Liputan6.com, Balikpapan Di era milenial sekarang tentunya anak-anak muda Indonesia tidak jauh-jauh dengan yang namanya gadget. Tanpa disadari, tingkah anak muda Indonesia sekarang memiliki keinginan untuk mendapatkan suatu informasi secara cepat, aktual dan terpercaya. Untuk mendapatkan informasi yang memiliki tiga unsur tersebut sekaligus tentu tidak lah mudah.

Liputan6.com hadir bersama Indosiar dan Pertamina untuk mencari energi-energi muda sebanyak 90 mahasiswa yang tersebar di 3 kota besar yaitu Jakarta, Semarang dan Balikpapan.

Kesempatan Balikpapan menjadi salah satu kota yang dihampiri oleh tim Liputan6.com membuat anak-anak muda Balikpapan antusias untuk menghadiri workshop Citizen Journalist Academy hingga mengikuti audisinya. Pendaftaran yang dibuka selama satu bulan (3 Juli – 3 Agustus 2017) menjaring ribuan anak muda Balikpapan memenuhi Gedung Kesenian Balikpapan.

Antusiasme yang tidak kalah dengan kota-kota besar sekelas Jakarta & Semarang membuat Kota Balikpapan dapat bersaing dengan anak muda lainnya. Hari pertama workshop yang bertema “Empowering Creative Millennials with Citizen Journalism in Digital Era” dihadiri langsung oleh Walikota Balikpapan Rizal Effendi, beserta jajaran dari Pertamina RU V Balikpapan. Hari pertama ini dibagi menjadi 3 sesi diisi oleh para pembicara yang ahli pada bidangnya masing-masing.

Pada sesi pertama, semua coach (Utrich Farzah, Ryan Wiedaryanto, Zulfikar Naghi, dan Jemmy Darusman) memperkenalkan tentang produksi berita yang kreatif. Sesi kedua diisi oleh Campaign Support Manager Kitabisa.com Muhamad Junaedi, serta AM Communication & Relation Pertamina Kalimantan Alicia Irza nova, yang membicarakan tentang Creative Energy for Nation. Sesi terakhir ditutup dengan career class yang diisi langsung oleh HR Talent Aquistion SCTV & Indosiar Desita Tambunan dan salah satu coach di sesi pertama Ryan Wiedaryanto.

Pada sela-sela pergantian sesi diumumkan juga peserta audisi yang lolos melalui tahap seleksi CV yang telah dikirimkan sebanyak dua kali pengumuman. Dari ribuan peserta yang hadir hanya ada 60 peserta yang akan dipanggil naik keatas panggung untuk mengikuti audisi di hari berikutnya, salah satu nama dari 60 peserta tersebut adalah Candra Winata, seorang mahasiswa semester 5 dari Universitas Balikpapan.

Keinginan sejak dulu untuk mendalami industri media, Citizen Journalist Academy ini akhirnya membuka kesempatan itu bagi seorang Candra Winata. Public Relations lah kategori itu yang ia ambil dalam audisi. Rasa pesimis sempat datang ketika melihat antusiasme peserta yang memenuhi Gedung Kesenian Balikpapan. Namun, Candra sadar bahwa tidak ada perjuangan yang sia-sia.

Hari kedua, dimana audisi interview dilaksanakan, akan ada 30 dari 60 peserta yang berkesempatan lolos menjadi finalis kota Balikpapan. Audisi hari kedua yang berlokasi di Hotel Grand Tjokro Balikpapan ini menghabiskan waktu setengah hari untuk mencari 30 peserta terbaik. Dengan nomor peserta PR 017, Candra Winata mendapat giliran sekitar jam 11 siang untuk memasuki ruang interview oleh Jemmy Darusman.

Hasil dari interview tidak langsung diketahui, panitia menghimbau peserta untuk kembali lagi pukul 1 siang. Saat itu beberapa kategori sudah diumumkan, hanya saja kategori Public Relations dan menulis yang cukup lama. Ternyata interview untuk dua kategori ini memang tidak hanya sekali, tetapi dilakukan kembali interview oleh panitia-panitia dari Citizen Journalist Academy. Hati Candra semakin berdebar menunggu pengumuman yang pada akhirnya diinformasikan bahwa pengumuman akan dikirimkan via SMS.

Sekitar jam 1 malam SMS masuk mengatakan bahwa Candra lolos ke tahap berikutnya, yang artinya menjadi bagian dari 30 finalis Citizen Journalist Academy Balikpapan. Kabar tersebut seperti Dream Come True bagi Candra. Melewati tiga hari yang mengharuskan bangun pagi untuk mengikuti serangkaian acara terbayar dengan lolos menjadi bagian dari 30 finalis ini.

Namun Candra sadar bahwa dirinya tak boleh bersenang-senang terlalu larut, karena tantangan selanjutnya sudah di depan mata. Selama tiga bulan, 30 finalis ini harus belajar lebih dalam lagi tentang bagaimana menjadi seorang jurnalis sesungguhnya, dengan dipandu langsung oleh ahli-ahli di bidangnya.

 

Penulis:

Candra Winata - Universitas Balikpapan

Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina Balikpapan

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: