Bubuk Kopi, Trik Jitu Atasi Bau Tak Sedap

Oleh Liputan6.com pada 06 Des 2017, 16:50 WIB
Bubuk Kopi Punya Banyak Manfaat (Sumber Foto: Supplierkopibubuk.com)

Liputan6.com, Jakarta Kopi memiliki banyak manfaat bagi kehidupan. Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, jika dikonsumsi secara teratur, ternyata bubuk kopi memiliki keistimewaan yaitu bisa menyerap bau di sekitarnya. Jadi, kita bisa memanfaatkan kopi untuk menghilangkan bau tak sedap yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Berikut beberapa manfaat bubuk kopi sebagai penghilang bau.

1. Mengatasi Bau Kaki

Kandungan antioksidan yang terdapat dalam biji kopi bisa menghilangkan bau pada kaki. Caranya, campurkan bubuk kopi dengan minyak kelapa. Kemudian oleskan di seluruh permukaan dan telapak kaki lalu gosok perlahan. Diamkan selama lima menit, lalu bilas dengan air hangat. Ini akan membantu menghilangkan kulit mati pada kaki.

2. Menghilangkan Bau Sepatu

Melepaskan sepatu di tempat umum dan muncul bau tidak sedap dari kaki Anda adalah momen yang sangat memalukan. Bau sepatu biasanya disebabkan oleh lembabnya kaki pemakai yang memicu munculnya bakteri penyebab bau busuk pada sepatu. Tapi jangan khawatir, Anda bisa menghilangkan bau sepatu dengan ampas kopi. Caranya, keringkan ampas kopi lalu taburkan ke bagian dalam sepatu. Seketika bau busuk akan tergantikan dengan aroma kopi.

3. Pengharum Mobil

Sebagian orang alergi dengan aroma pengharum mobil kimia, karena bisa menyebabkan pusing dan mual saat menciumnya di dalam mobil. Namun hal ini bisa Anda atasi dengan menggantungkan bubuk kopi yang telah diikat dalam kain kecil di mobil. Aroma khas kopi bisa membuat Anda lebih nyaman saat berada di dalam mobil.

4. Menghilangkan Bau di Kamar Mandi

Bubuk kopi juga bisa dimanfaatkan sebagai pengharum kamar mandi. Cukup dengan meletakkan mangkuk kecil yang telah diisi bubuk kopi di salah satu sudut ruang kamar mandi. atau agar aroma kopi cepat menyebar, anda bisa menyangrai bubuk kopi di dalam wajan, setelah itu letakkan di kamar mandi selagi wajan mengeluarkan asap beraroma kopi.

 

Penulis:

Latif Munawar

Universitas Moestopo Beragama

 

Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @sahabatliputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.