Sukses

Nelayan Temukan Makhluk Serupa Ular dengan 300 Gigi, Ternyata...

Menurut para ilmuwan, ini termasuk penemuan langka.

Liputan6.com, Portugal - Seekor hiu berjumbai kecil ditemukan di lepas pantai Algarve di Portugal. Hiu itu ditemukan oleh para ilmuwan serta nelayan yang sedang melakukan penelitian untuk meminimalkan tangkapan ikan yang tak diinginkan di perairan Eropa.

Menurut para ilmuwan, ini termasuk penemuan langka. Sebab, hiu Chlamydoselachus anguineus yang ditemukan itu biasanya hidup di kedalaman 1.000 meter di bawah laut. Namun pada kasus ini, ditemukan pada kedalaman 700 meter.

Periset dari organisasi meteorolig, seismik, laut, dan atmosfir nasional Portugal (IPMA) mengatakan bahwa itu adalah fosil hidup sejati. Hal ini dikarenakan, hiu itu diketahui tak mengalami perubahan ataupun evolusi sejak 80 juta tahun berlalu.

"Kami sangat senang dengan penangkapan kali ini. Ini tak biasa terjadi," ujar Profesor Margarida Castro dari Universitas Algarve.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bentuk Ikan yang Tak Biasa

Melansir dari laporan Sic Noticias BBC News, ikan hiu jantan yang ditemukan itu berukuran sekitar 1,5 meter dan memiliki tubuh panjang, ramping, dengan kepala seperti ular. Ikan ini juga memiliki bentuk gigi yang agak unik.

Di antara insangnya, terdapat 300 gigi berjejeran. Sekilas, ini seperti duri-duri berjejer yang siap menangkap mangsa.

Hiu ini diberi nama dari bentuk insangnya yang tak biasa. Selain itu, giginya yang begitu banyak itu berguna untuk menjebak cumi-cumi, ikan, dan mangsanya saat ia berenang.

(Sul/Ul)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.