Sukses

19 Kicauan Gelisah Zarry Hendrik soal Kecelakaan Setya Novanto

Setya Novanto kecelakaan karena mobil mewahnya menabrak tiang listrik. Ini musibah atau rekayasa? Cuplik deh kegalauan Zarry Hendrik ini.

Liputan6.com, Jakarta Setya Novanto diduga kembali mengulur waktu pemeriksaan terkait status tersangka kasus korupsi e-KTP yang kembali ditetapkan KPK. Drama saat ini adalah kecelakaan mobil yang menabrak tiang listrik dan mengakibatkan kening ketua DPR itu benjol. Banyak pihak menganggap musibah ini adalah rekayasa. Salah satunya diungkap oleh selebtweet sekaligus penulis buku puisi laris, Zarry Hendrik.

Cowok ganteng yang memiliki 255 ribu jumlah pengikut di Twitter ini menumpahkan seluruh unek-uneknya seputar kisah viral ini. Di luar kebiasaannya menulis kalimat-kalimat bernada patah hati, kali ini Zarry Hendrik bersuara lebih lantang.

Tentu saja hal ini spontan ia tumpahkan karena Setya Novanto diduga sembunyi dari jeratan hukum dengan dalih dirinya kembali berada di rumah sakit.

Yuk kita simak cuitan penulis buku yang telah melahirkan beberapa karya seperti Dear Zarry's, Sekarangku, dan Leona.

"Aku baru tau Pak Setnov mengalami kecelakaan. Jadi merasa bersalah tadi sempet ngebecandain. Mohon maaf ya, Pak. Well, semoga keadaan kian membaik, dan bapak bisa lekas pulih supaya bisa melanjutkan proses hukum yang sedang berjalan bersama KPK. #GWSSetnov," buka Zarry via akun Twitternya @zarryhendrik.

Doa yang ia panjatkan tentu saja untuk membuat Setya Novanto bisa lapang dada dan tidak membuat sebuah setting-an.

"Aku nggak mau suudzon kalo kecelakaan itu setting’an or apa.. yang jelas, tidak yang buruk-buruk kudoakan buat pak setnov, melainkan kepulihan dan kesiapannya menjalani proses hukum. Aku tetap optimis kasus korupsi e-ktp ini akan memenjarakan mereka yang bersalah," ceplosnya. 

Masyarakat juga sudah mulai mendefinisikan mana yang benar atau yang direkayasa. 

"Kalo dipikir-pikir, harusnya sih kecelakaan itu adalah murni musibah dan bukan rekayasa. Karena apabila repot-repot direkayasa, maka itu artinya doi bersalah dan mau menghindari hukuman. Nggak mungkin koruptor triliunan mengulur proses hukum dengan rekayasa murahan kayak gitu," sindir Zarry dengan tajam.

Ketika drama papa sakit sebelumnya, meme seputar sakitnya Setnov pun bertebaran di medsos. Kali ini, tiang listrik yang jadi sasaran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hanya skenario recehan?

Sang penulis puisi muda ini coba menyampaikan imajinasinya kalau seandainya ia berada di posisi Setnov.

"Koruptor rekayasanya nggak receh gitu. Harusnya wow, misal kecelakaan terjadi saat menuju gedung KPK di tengah perjalanan bus Damri yang disupiri Vin Diesel menabrak tiang gawang San Siro hingga kelingking kaki kiri korban mendem kedalem dan kini dirawat intensif di kuil shaolin," timpal Zarry.

"Atau misalnya, kronologi kecelakaan dimulai saat hendak menuju gedung KPK, tersangka yang saat itu disupiri pemain gendang Nella Kharisma menabrak gunung es di samudera Atlantik dan mengalami benjol di bagian kening kemudian dilarikan ke rumah sakit oleh lumba-lumba setempat," sambungnya.

Foto Setnov terbaring di rumah sakit pun kembali bertebaran. Kali ini sindiran Zarry jauh lebih pedas.

"Tapi kalo emang kecelakaan itu direkayasa dengan kronologi yang sengaja dirangkai sebiasa itu, tujuannya apa? Biar dikira simple? Menghindar dari pemeriksaan cukup dengan berbaring, pasang mimik butuh doa sedikit disertai foto mobil second penyok dan tiang listrik tak berdosa?," ungkap Zarry enggak habis pikir.

Ia kembali menganalogikan kemungkinan yang akan terjadi kalau pelaku pencurian tertangkap oleh warga sekitar.

"Seorang maling kelas kakap harus menjadi panutan bagi maling-maling lain. Sengaja nabrak tiang listrik bukan contoh yang baik bila nanti ditiru maling jemuran. Mana ada warga kampung mencarikan dokter ahli benjol terbaik untuk mengobati maling jemuran yang kejedug saat dikejar," bebernya lantang.

"Maka dari itu, marilah kita memberi kepercayaan pada tersangka yang sekarang terbaring di RS, kita tunjukkan rasa yakin kalau beliau benar dapat musibah, dan akan segera pulih dari luka dan benjol yang diderita, kemudian dalam keadaan sehat dan cukup tidur dia mau diperiksa," Zarry mengaitkan dengan benjolan serius yang dialami Setnov.

 

3 dari 4 halaman

Nabrak tiang listrik, berujung amnesia?

Zarry Hendrik juga mendoakan agar Indonesia bisa terbebas dari segala bentuk korupsi. 

"Pernah tau cerita tentang benturan yang menyebabkan lupa ingatan. Beberapa kali di sinetron. Aku sempat mengkhawatirkan hal tersebut akan dialami oleh korban kecelakaan di Permata Hijau kemarin, tapi setelah kupikir-pikir lagi ah tidak mungkin juga tiang listrik bisa amnesia," imbuhnya.

"Di Surga kita akan diperlihatkan dengan segala yang dijadikan Tuhan mulia dan bercahaya setelah mengalami penganiayaan dan penderitaan ketika di dunia. Kita boleh bertanya, misal.. “Malaikat, itu apa kok lucu?” Lalu misal malaikat akan menjawab, “Itu Tiang Listik Permata Hijau,” Zarry melontarkan guyon.

"Aku tidak berharap si papah akan terbukti terlibat korupsi e-ktp, semoga ndak, walau penasaran juga apa kalo duduk di ubin penjara tetep ketiduran? Tapi kalo memang dia, kudoakan dia diberikan cukup umur untuk sempat mengisi masa tuanya dengan mendoakan Indonesia bebas korupsi.

Ngomong-ngomong seperti apa kamar penjara yang disiapkan jika dapat satu koruptor e-ktp akan menghuni? Kalo kataku, paling tidak harus ber-AC. Dia pasti butuh suasana yang selalu sejuk agar tidak gerah dan jadi terbesit ide kipas-kipas diri pake uang haram atau pake E-KTP," terawangnya kemungkinan Setya Novanto tak lagi kebal hukum.

Seorang koruptor harusnya lebih peduli dengan kesehatan dong. Makanya, ragu kalo ada tersangka korupsi bilang dia sakit. Kalo koruptor sakit, aneh. Salah satu syarat korupsi adalah tidak sakit-sakitan. Sebab, uang korupsi itu uang yang membutuhkan umur panjang untuk dihabiskan," kritik Zarry.

 

4 dari 4 halaman

Skenario Zarry supaya papa lekas sembuh

Kali ini ia mencoba menyindir tersangka korupsi e-KTP itu dengan gaya khas yang sering bikin banyak orang galau.

"Apa KPK keliru ya jadiin doi tersangka? Coba.. kelakuannya tu nggak menjunjung tinggi nilai-nilai korupsi. Beli mobil bekas buat apa? Tidak mencerminkan jiwa koruptor. Penghinaan terhadap keuangan yang maha esa, karena melakukan kebiasaan rakyat menengah bawah. Sangat medioker," papar Zarry.

"Pengacaranya papah bilang papah bisa lupa ingatan kalo nggak cepet dibawa ke Singapore.. Ini karena kecelakaan atau penyakit lama aku kurang tau pastinya tapi kalo misalnya sakit dari lama, apa pernah ya ada kejadian papah lupa mana uang dia mana uang rakyat? Duh gws ya pah..," imbuhnya.

"Ngomong-ngomong soal lupa ingatan, ke dia aku pernah ngaku suka gampang lupaan orangnya. Biar jadi punya modal buat bilang ke dia kalo setiap hari aku butuh komunikasi sama dia, dengerin dia ketawa, supaya setelah itu aku akan otomatis ingat kalo hidup aku indah dan udah lengkap," canda Zarry.

"Banyak yang kesel karena ndak percaya penyok-penyok di mobil itu punya keparahan yang cukup buat si papah hilang ingatan. Ih mungkin aja. Sama kayak kamu.. yang mikir kecup kening itu sepele tapi buat dia itu adalah hal manis yang udah 6 bulan nggak pernah kamu lakuin lagi," kali ini sindiran Zarry bernada menggombal.

"Nggak kuat nahan air mata liat ayah dari tiang listrik permata hijau yang bisa memaafkan kesalahan pengemudi mobil fortuner," ceplosnya.

"Di film 3 Idiots, ada orang kecelakaan trus lumpuh, sama sahabatnya selalu dikasih kabar gembira sampe dia sembuh. Cara yang sama bisa dilakuin ke si papah. Bisikin kabar gembira: “pah.. kpk bubar, pah.. gedungnya dah jadi tip-top skarang.”*detak jantung mendadak stabil*," utak-atik perubahan kesehatan Setnov versi Zarry.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.