Sukses

Ajari Tanggung Jawab, Ini 4 Manfaat Pelihara Hewan bagi Anak

Memelihara hewan ternyata berikan sejumlah manfaat untuk kesahatan anak. Apa saja ya?

Liputan6.com, Jakarta - Sebelum memutuskan untuk memelihara hewan, pasti kamu terlebih dahulu mempertimbangkan banyak hal. Apalagi jika kamu memiliki buah hati yang masih kecil. Tentu memelihara hewan bukanlah pilihan yang tepat.

Namun ternyata, memelihara hewan sebenarnya memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan mental dan fisik anak. Penasaran apa saja manfaatnya?

Berikut beberapa manfaat memelihara hewan untuk keshatan anak, melansir PetCentric, Kamis (16/11/2017).

1. Untuk menemani anak

Masa kecil kita tidak selalu diwarnai dengan kebahagiaan. Terkadang anak juga mengalami rasa senang dan sedih. Fungsi hewan peliharaan ialah menemani anak dengan setia jika dihadapkan dengan situasi tersebut.

Selain itu, hewan peliharaan juga telah dibuktikan dapat menghilangkan stres ketika kita menyentuh dan memeluk mereka.

2. Meningkatkan kesehatan

Segelintir orang menghindari memelihara hewan karena kuman dan bakteri yang dapat menurunkan kesehatan anak. Penelitian dari jurnal Ilmu Kesehatan Anak Universitas Wisconsin mengatakan bahwa sebenarnya memelihara hewan justru membuat bayi menjadi jarang terkena penyakit. 

Mendapatkan geraman dan dengkuran hewan membuat perkembangan signifikan terhadap sistem imun bayi. Malahan, anak juga jarang mengalami alergi serta asma dengan memelihara hewan di rumah.

Mempunyai hewan peliharaan seperi anjing dan kucing dapat membuat anak aktif bergerak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Membuat perasaan anak menjadi lebih baik

Hewan peliharaan yang menemani anak ternyata juga membuat anak merasa senang. Saat mereka berinteraksi dengan hewan peliharaan, hal ini dapat meningkatkan level serotonin dan dopamin.

Peningkatan hormon itu dipercaya menimbulkan perasaan positif pada anak. Kemudian, hewan peliharaan juga membuat anak dapat bersosialisasi dengan baik.

4. Mengajarkan tanggung jawab

Mempunyai hewan peliharaan merupakan cara yang tepat mengajari anak tentang nilai tanggung jawab. Mereka belajar memberi makanan hewan secara rutin dan memandikan mereka supaya bersih.

Anak juga dapat belajar perasaan empati dan rasa kasihan ketika mengurus hewan kesayangan mereka.

(Ai/Ul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.