6 Jurus Tahan Melarat Saat Kantong Lagi Bokek Berat

Oleh Doddy Irawan pada 15 Nov 2017, 09:30 WIB
uang dalam dompet

Liputan6.com, Jakarta Hal paling menyebalkan adalah saat lembaran uang seratus ribuan di dompet tinggal menyisakan recehan. Momen enggak punya uang memang bikin galau. Kantong kering jelas bikin dag dig dug. Mau beli ini itu, jadi harus menahan diri. Dalam kondisi bokek berat, banyak orang bingung harus berbuat apa. Kalau sudah terjepit seperti ini, solusi tanpa perlu mikir panjang adalah minjam uang alias ngutang. 

Hebatnya adalah bokek terkadang menyerang siapa saja. Tidak hanya anak kos, pengusaha yang uangnya tak berseri pun bisa mengalaminya. Sekelas Mike Tyson aja pernah merasakan hidup kere. Petinju kelas berat paling ditakuti sejagad ini pernah terhimpit utang lebih dari 23 juta dolar pada tahun 2013. Si leher beton yang karier tinjunya bersinar selama 20 tahun, sampai harus menjual Ferrari F50.

Seperti lagu Sheila on 7, kamu harus bisa lapang dada meski kondisi kantong sedang kembang kempes. Bagaimana caranya? Berikut sederet trik yang bisa kamu siasati saat lagi bokek berat. 

1. Memanfaatkan WiFi Gratisan

Repotnya jadi kids zaman now, kamu punya tingkat ketergantungan tingkat dewa sama Internet. Tiap jam, enggak afdol rasanya kalau lupa update status dan posting foto narsis di medsos. Giliran paket datanya habis, mulai merana dan nangis bombay deh.

Bagaimana solusinya? Gampang sih. Kamu bisa nongkrong di kafe yang menyediakan fasilitas Internet super ngebut. Tinggal order camilan murah meriah, pesan segelas gede teh tawar panas atau kopi pahit. Kamu bisa tetap Internetan sampai puas dengan WiFi gratis, asyik kan?

 

1 of 3

2. Pesan Lauk Super Murah di Restoran Padang

[Bintang] Restoran Padang
Restoran Padang. foto: plus.google.com

Anak-anak kos biasanya paling sering terjebak pada kondisi bokek berat. Sekalinya dapat uang kiriman dari orangtua, langsung asyik buat traktir makan enak sang pacar di restoran mahal. Belum lagi kalau si pacar minta traveling ke tempat-tempat yang Instagramable

Bagaimana solusinya? Kalau dompet tinggal uang dua ribuan semua, jangan gaya-gayaan deh. Saatnya belajar mengatur pengeluaran. Kalau mau makan pun, harus prihatin. Kamu bisa masak nasi sendiri, terus beli lauk di restoran Padang yang harganya paling miring. Contoh, beli perkedel atau telur ceplok pedas. Terus request sambel ijo dan kuah rendang yang banyak. Setidaknya, ada aroma rendang lah.

3. Nongkrong Sehari 2 Kali di Rumah Teman yang Berbeda

Bokek itu seharusnya bisa menstimulus otak kamu jadi lebih kreatif. Kamu bisa WhatsApp teman untuk numpang belajar di rumahnya.

Bagaimana solusinya? Padahal sih cuma modus doang biar bisa sekalian disuguhi makan, syukur-syukur sekalian sama makan malam. Masak iya, teman akan tega nggak menawarkan kamu untuk makan di rumahnya. Trik ini sah-sah aja dilakukan, tapi jangan sering-sering ya. Cara cihuy berikut adalah hari ini main di rumah si A tapi besok bertandang ke rumah si B. Lusa, nongkrong di tempat si C.

4. Nikmati Weekend dengan datang ke acara undangan tetangga, teman, maupun mantan 

Ketika kantong melompong, kamu bisa manjakan perut dengan datang ke berbagai acara pernikahan tetangga dan sunatan orang lain. 

Bagaimana solusinya? Setiap hari Sabtu dan Minggu, kamu bisa hunting tempat-tempat yang lagi mengadakan acara sunatan atau pernikahan.

Jangan lupa pakai batik dan siapkan uang sekadarnya di amplop. Tapi ingat ya, jangan ngasih amplop kosong. Bokek itu juga harus beretika. Hitung-hitung kamu bisa makan ekstra banyak di tempat kondangan orang, meski hanya bermodal uang pas-pasan.

 

2 of 3

5. Nebeng Kendaraan Teman

[Bintang] 6 Tips Memperpanjang Nafasmu Menuju Akhir Bulan
Galakkan nebeng

Uang kiriman dari kampung belum tiba, kalau uang gajian masih belum masuk rekening. Sementara, bensin motor sudah semakin tiris.

Bagaimana solusinya? Jangan sungkan untuk meminta bantuan teman. Bilang terus terang kalau kamu ingin nebeng kendaraannya.

Tapi jangan keceplosan kalau kamu enggak punya uang buat beli bensin ya. Yakin deh temanmu enggak keberatan. hitung-hitung dia punya teman mengobrol dan menggosip sepanjang perjalanan.

6. Ajak Pacar Makan di Angkringan

Bokek boleh, asal jangan menghilang dari permukaan bumi. Mentang-mentang enggak punya uang, malam mingguan kamu terasa hampa.

Bagaimana solusinya? Kasih pengertian dengan jujur ke pacar kalau kamu benar-benar bokek berat. Kalau biasa makan di kafe dengan bujet lima ratus ribu, sekarang coba ajak dia makan nasi kucing di angkringan. Lumayan, 30 ribu sudah bikin hati riang dan perut kenyang.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓