Sukses

Kucing Bengong ke Satu Titik Pertanda Lihat Hantu, Apa Iya?

Apa iya kalau kucing melihat ke satu titik tanpa berkedip tanda melihat hantu?

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda sedang duduk di sofa atau berbaring dengan kucing peliharaan, lalu tiba-tiba si hewan berbulu itu mulai menatap dengan saksama ke sudut ruangan? Padahal tak ada sesuatu pun di sana?

Perilaku demikian seringkali dilakukan oleh kucing peliharaan. Kemudian timbul mitos bahwa kucing melakukan hal tersebut karena mereka melihat makhluk halus. Tapi benarkah?

Para ilmuwan telah membuktikan bahwa kucing melihat jauh lebih banyak daripada manusia. Bahkan jika mereka melihat ke satu sudut kosong.

Mata manusia dipenuhi sel batang dan kerucut. Sel batang membantu kita melihat dalam cahaya rendah sementara sel kerucut membantu kita dalam melihat kecerahan.

Kita mungkin bisa melihat lebih banyak warna daripada kucing, tapi mereka memiliki enam kali lebih banyak sel batang di mata mereka dibanding manusia. Hal ini membuat mereka bisa melihat di kegelapan seperti pada hari yang cerah.

Jadi, jika kucing Anda terpaku ke satu titik, kemungkinan besar mereka melihat benda-benda yang tidak terlihat oleh mata manusia, seperti cahaya yang dipantulkan dari jendela atau debu yang mengambang di udara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dunia di Mata Kucing

Fotografer Nickolay Lamm pernah mencoba menciptakan bidang penglihatan kucing lewat fotonya. Dia berkonsultasi dengan banyak ahli untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Ia kemudian mengedit fotonya untuk memberi gambaran realistis dunia di mata seekor kucing.

Di area yang terang, mata manusia melihat warna dan kecerahan lebih baik. Sementara kucing hanya bisa melihat warna abu-abu dan kuning. Tapi hal yang berbeda terjadi saat di kegelapan total.

Mata kucing juga bisa melihat sejumlah spektrum yang tak bisa kita lihat, seperti cahaya ultra violet. Tak ada penelitian yang bisa membuktikan bahwa kucing bisa melihat hantu. Tapi bila kucing Anda terpaku ke satu titik, mungkin ia sedang melihat pertunjukan menarik, bisa saja debu, cahaya unik, aura, atau benar-benar makhluk halus?

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.