Belajar Jadi Digital Citizen Journalist bersama Finalis CJA

Oleh Liputan6.com pada 15 Nov 2017, 06:50 WIB
Penyerahan Plakat kepada Miss Internet 2017 di Acara CJA Goes To Campus

Liputan6.com, Jakarta Perjalanan finalis CJA Jakarta menuju Grand Final CJA – Energi Muda Pertamina 2017 hanya tinggal menghitung hari. Sebagai puncak dari tugas akhir finalis Public Relations, CJA Jakarta kali ini hadir membagikan ilmu jurnalistik dalam program CJA Goes to Campus yang diadakan di Universitas Pertamina.

Acara yang diadakan pada Jumat, (10/11/17) ini bertemakan How to Be a Digital Citizen Journalist dan dimulai pukul 13.00 WIB dengan Latif Munawarserta Bunga Freesia sebagai moderator. Antusias, peserta yang merupakan mahasiswa dari berbagai universitas daerah Jabodetabek pun tampak telah memenuhi meja registrasi ulang bahkan sebelum acara resmi dimulai.

Diawali dengan sambutan dari pihak kampus serta sambutan dari Pembina CJA Jakarta, acara lalu dilanjutkan dengan presentasi oleh Novi Nadia dari kanal Lifestyle Liputan6.com. Wanita yang akrab disapa Nadia ini membahas mengenai konten Lifestyle atau gaya hidup yang semakin digandrungi oleh para kaum netizen.

Menurut Nadia, dengan segmen pembaca yang luas namun deadline hitungan jam, jurnalis konten Lifestyle harus belajar memanfaatkan data terbatas namun tetap update. Selain itu pemilihan judul juga harus singkat namun tepat sasaran.

Transisi menuju sesi berikutnya berjalan dalam suasana seru dan semangat yang tetap terjaga. Tampak para peserta begitu gencar memberikan pertanyaan seputar online media kepada Nadia. Moderator yang merupakan finalis CJA Jakarta kemudian melakukan penyerahan plakat serta mengajak pembicara dan seluruh peserta untuk melakukan foto We-fie bersama.

Antusias peserta semakin meningkat ketika diperkenalkan oleh pembicara kedua yaitu Miss Internet Indonesia 2017 Marsya Gusman. Wanita cantik ini menjelaskan mengenai kecenderungan pengguna internet Indonesia yang mengakses berbagai informasi melalui media sosial serta bagaimana seharusnya merespon dampak negatif internet seperti hoaks, cybercrime, dan cyberbullying dengan melakukan data filtering serta menjaga keamanan data pribadi.

Memasuki sesi tanya jawab, para peserta pun melontarkan berbagai pertanyaan kritis terkait penggunaan internet sehat. Dengan piawai, Marsya pun menjawab setiap pertanyaan dengan uraian inspiratif.

Setelah penyerahan plakat kepada Miss Internet 2017 serta perwakilan dari kampus Universitas Pertamina, acara pun ditutup dengan pengumuman pemenang foto Twitter dan Instagram terbaik serta penyerahan hadiah. Hingga acara berakhir, tampak para peserta tersenyum puas. Tentunya ilmu yang dibagikan akan menjadi bekal berharga bagi mereka kelak untuk menjadi seorang Digital Citizen Journalist masa kini yang berwawasan.

 

Penulis:

Franzeska Michelle - STIKOM The London School of Public Relations Jakarta

Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina Jakarta

 

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: