Sukses

Kata-Kata Inspirasi 8 Pahlawan Indonesia yang Ampuh Usir Galau

Hari pahlawan harus disertai oleh semangat dan jiwa baru. Simak yuk quotes inspiratif dari para pahlawan nasional kita

Liputan6.com, Jakarta Ketika hati sedang galau, kamu pasti membutuhkan saran maupun motivasi dari orang-orang terdekat. Petuah yang menyejukkan dan inspiratif, tentu bisa membangkitkan semangat dan kembali mengejar apa yang diimpikan.

Janganlah menjadi pribadi yang cengeng dan bermental gampang menyerah. Contohlah semangat para pahlawan Indonesia yang dengan gagah berani dalam mengusir penjajah.

Para pahlawan yang telah gugur mendahului kita pastinya punya kata-kata mutiara dalam memperjuangkan kemerdekaan. Berikut 8 quotes hebat para pahlawan nasional yang kata demi kata yang terlontar mengandung inspirasi dan spirit.   

HOS Tjokroaminoto

“Jika kalian ingin menjadi pemimpin besar, menulislah seperti wartawan dan bicaralah seperti orator”

Maknanya kurang lebih, kalau mau jadi pemimpin yang dicintai oleh rakyatnya, kamu harus pandai menulis seperti jurnalis. Tidak hanya itu, kamu juga harus cakap dalam berorasi di depan banyak orang. 

Jenderal Soedirman

“Kejahatan akan menang, bila orang benar tidak melakukan apa-apa"

 Maknanya jelas. Kejahatan itu selalu membuka kesempatan pada siapapun. Jika kamu tak tergoda, itu bagus. Tapi kalau kamu tahu orang berbuat jahat, namun tetap abai, artinya sama saja kamu membiarkan kejahatan merajelela.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mohammad Hatta

Mohammad Hatta

“Pahlawan yang setia itu berkorban, bukan buat dikenal namanya, tetapi semata-mata membela cita-cita” 

Maknanya adalah kalau mau berbuat kebajikan, jangan pandang bulu dan harus dilihat banyak orang. Pahlawan sejati itu siap berkorban untuk mewujudkan cita-cita banyak orang.

Mohammad Natsir

“Untuk mencapai sesuatu harus diperjuangkan dulu. Seperti mengambil buah kelapa, dan tidak menunggu saja seperti jatuh durian yang telah masak” 

Maknanya kurang lebih jangan menunggu hasil, sebelum berusaha semaksimal mungkin. Kesempatan itu dijemput, bukan ditunggu. Galau enggak akan menyelesaikan masalah. Hidup cuma sekali, bawa enjoy aja lagi. 

 

3 dari 4 halaman

R.A Kartini

R.A. Kartini

“Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi, satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri”

Maknanya adalah Jangan pernah berhenti untuk belajar dan terus belajar. Jangan pernah merasa menjadi yang paling benar, karena itu akan membuatmu lupa daratan. Makanya teruslah memupuk kebaikan dan berusahalah meminimalisir kesombongan.

K.H. Ahmad Dahlan

"Kebenaran suatu hal tidaklah ditentukan oleh berapa banyak orang yang mempercayainya”

Maknanya kurang lebih jangan pernah takut bicara lantang untuk menyuarakan kebenaran. Meyakinkan orang lain untuk membela sesuatu yang benar memang sukar, namun lambat laun, orang-orang tersebut akan tahu bahwa apa yang selama ini kamu bicarakan adalah benar. 

 

4 dari 4 halaman

Soekarno

Soekarno

“Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri”

Maknanya adalah peperangan terbesar yang sesungguhnya adalah memerangi nafsu yang ada di diri sendiri. Tentu akan sangat mudah ketika kita mati-matian berjuang melawan orang yang tak dikenal. 

Ki Hajar Dewantoro

“Dengan ilmu, kita menuju kemuliaan"

Maknanya adalah, raihlah ilmu sebanyak-banyaknya. Sumber ilmu akan tetap ada dan tak akan pernah habis. Orang yang tak berilmu biasanya akan mudah untuk diombang-ambing. Namun orang yang kaya dengan ilmu, akan selalu bermanfaat dan dibutuhkan oleh orang banyak.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini