Sukses

Bukan Hoax, Nonton Film Horor Bisa Turunkan Berat Badan

Kamu ingin kurus, penelitian satu ini bisa bikin kurus hanya dnegan menonton film horor.

Liputan6.com, Jakarta - Menonton film memang salah satu aktivitas yang disukai banyak orang. Apalagi saat ini sebuah studi menyebutkan bahwa menonton film ternyata bisa menurunkan berat badan.

Terdengar menarik memang, tapi para tim peneliti hanya menyarankan untuk menonton jenis film horor, jika kamu berniat untuk menurunkan berat badan.

Penelitian ini dilakukan oleh Universitas Westminster pada 2012. Mereka mencoba penelitian ini kepada sepuluh partisipan yang diharuskan menonton film horor. Pada saat percobaan berlangsung, mereka mengobservasi detak jantung, oksigen yang dihirup, serta mengeluarkan karbon dioksida.

Hasil penelitian tersebut menyebutkan bahwa film horor yang juga bergenre thriller berjudul The Shining menempati urutan tertinggi dalam membakar kalori. Partisipan yang menyaksikan film tersebut telah membakar 184 kalori atau setara dengan berjalan selama 40 menit.

Dalam urutan kedua terdapat film Jaws yang dapat membakar 161 kalori. Kemudian film The Exorcist berada di posisi ketiga yang bisamembakar 158 kalori. Ada juga film Alien yang diperkirakan dapat membakar 152 kalori dan film Saw dapat membakar 133 kalori partisipan dalam penelitian.

Film-film tersebut masuk ke dalam lima besar daftar film yang banyak membakar kalori dalam penelitian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kok bisa membakar kalori?

Para peneliti sengaja memilih film-film horor tersebut agar dapat melonjakan rasa takut dan berdebarnya jantung.

"Darah di nadi yang semakin kencang dan jantung yang memompa darah dengan cepat ke seluruh tubuh dapat memicu adrenalin," kata Dr Richard MacKenzie, tim peneliti sekaligus pengajar senior di Universitas Westminster.

Menurut Mackenzie, stimulasi adrenalin pada tubuh dapat menghasilkan rasa stres karena merasa takut dan akhirnya menurunkan nafsu makan kita. Di saat itu juga metabolisme pada tubuh berada pada tingkat yang tinggi sehingga terdapat kemungkinan terjadinya pembakaran kalori.

Selain itu, film horor ternyata juga baik untuk kesehatan psikologi, yakni dengan memberikanmu perasaan yang lebih baik.

"Bedasarkan penelitian kami, adanya stimulasi perasaan negatif dari film horor dapat meningkatkan suasana hati kita menjadi lebih baik," kata Marge Keer, seorang sosiologis, melansir The Hook, Minggu (5/11/2017).

Pengalaman menakutkan setelah menonton film horor dapat mengurangi rasa cemas dan stres yang kita alami sehingga kita menjadi lebih bahagia. Jika kamu ingin membuat perasaanmu lebih baik sekaligus menurunkan berat badan, mungkin menonton film horor juga bisa menjadi pilihan yang tepat.

Peneliti juga menyarankan agar pembakaran kalori berhasil usahakan jangan menutup matamu saat menonton ya.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.