Sukses

Mengidolakan Korut, Grup Wanita Cantik Jepang Dikira Mata-mata

Ternyata tidak semua orang membenci Korea Utara, salah satunya seperti grup wanita dari Jepang yang satu ini.

Liputan6.com, Jakarta Topik mengenai Korea Utara selalu hangat diperbicangkan. Apalagi beberapa bulan yang lalu mereka menggencarkan percobaan senjata nuklir sampai melintasi ke wilayah Jepang. Alih-alih khawatir dan merasa tidak senang dengan serangan Korea Utara yang mengancam, sejumlah wanita asal Jepang ini malahan membuat kelompok fans Korea Utara.

Sebagai satu-satunya kelompok yang menyukai Korea Utara di dunia, grup yang dibentuk oleh Chunhun disebut dengan Sengun Joshi. Tentunya, Jepang sebagai negara yang cenderung terbuka dengan budaya baru mungkin tidak melarang pembentukan kelompok ini. Sayangnya, Chunhun dan anggotanya sering kali  menerima tuduhan sebagai mata-mata.

Chunhun. Source: Reuters/Toru Hanai

"Aku kerap ditanya apakah aku melakukan kegiatan anti-sosial, apakah aku juga mata-mata atau seorang pembelot," ujar Chunhun, melansir laporan Express, Jumat (3/11/2017).

 

Kelompok Sengun Joshi. Source: Reuters/Toru Hanai

Tentunya dengan tuduhan tersebut, Chun kerap mendapatkan banyak penyataan ancaman dan kebencian melalui media sosialnya. Beberapa di antaranya menyebutnya kecoa dan bahkan ada juga yang menyuruhnya untuk mati. Padahal menurutnya, kelompok ini ia bentuk sama hanya seperti kelompok-kelompok lainnya yang menyukai budaya Amerika atau Korea Selatan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak hanya Chunhun dan kelompoknya.

Sebagai bentuk kecintaan mereka terhadap Korea Utara, Chunhun bahkan menggunakan kosmetik asli dari Korea Utara dan mengenakan seragam mereka. Bersama dengan anggotanya, Chunhun juga mengkreasi penampilan tarian dari band pop Moranbong.

Kesukaan Chunhun dimulai sejak dirinya masih di bangku perkuliahan. Selain itu, dirinya juga sempat bekerja pada berita harian online dari Korea Utara yang dinamakan DailyNK.

Chunhun dan anggotanya bukalah satu-satunya orang yang menyukai negara Korea Utara. Di Tokyo, sempat terdapat event berkumpulnya orang-orang Jepang yang menyukai Korea Utara. Mereka dapat bebas mengenakan seragam dan pakaian bendera negara yang dipimpin Kim Jong Un tersebut.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.