Sukses

4 Tes Sederhana Ini Bantu Pilihan Kamu di Dunia Kerja

Empat pertanyaan sederhana bisa membantu kamu mengetahui kepribadian dan minat dalam pekerjaan. Yuk coba.

Liputan6.com, Jakarta - Menentukan ke mana kita akan melangkah memang menjadi bagian yang sulit saat masih duduk di bangku SMA. Bahkan, tidak sedikit orang yang salah mengambil jurusan perkuliahan ataupun pekerjaan setelah dijalani.

Masalah tersebut tentu membuat banyak psikolog mencari solusi agar setiap orang bisa mengetahui kepribadiannya. Ada yang melalui tes tertulis, melalui alat yang ditempelkan, dan ada juga yang melalui berbagai gambar.

Indikator tipe Myers-Briggs diciptakan selama Perang Dunia II yang membantu para wanita untuk mendapatkan pekerjaan. Hal ini bertujuan untuk menggantikan orang-orang yang telah pergi ke medan perang. Setelah menjawab beberapa pertanyaan, mereka mendapat laporan singkat yang menurutnya bisa menemukan karya yang paling efektif.

Beberapa perusahaan Barat masih menggunakan indikator tipe Myers-Briggs saat memilih kandidat untuk kekosongan mereka. Melansir Brightside, mereka telah merangkum pertanyaan sehingga menciptakan versi singkat dari tes ini dengan empat pertanyaan dan dua pilihan jawaban untuk masing-masing. 

Berikut kombinasi huruf yang akan memberi tahu kamu tentang tipe kepribadianmu.

1. Kamu sangat lelah karena menjalani aktivitas tak menyenangkan. Nah, bagaimana kamu caramu untuk menghabiskan libur akhir pekanmu?

Saya akan menelepon teman-teman saya untuk bertanya tentang rencana mereka. Sepertinya kita harus pergi bersama (E).

Saya akan mengaktifkan mode "Jangan ganggu" di telepon saya dan tetap di rumah. Saya akan menonton episode baru acara TV favorit saya, atau membaca buku (I).

2. Manakah dari dua deskripsi ini yang cocok untuk kamu?

Yang paling penting bagi saya adalah apa yang terjadi di sini dan sekarang. Saya menilai situasi nyata dan memperhatikan detailnya (S).

Faktanya membosankan. Saya suka bermimpi dan bermain dalam-dalam pikiran saya. Saya lebih mengandalkan intuisi daripada informasi (N).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Pesaing dari atasan kamu saat ini mencoba menarik perhatianmu. Kamu bingung karena gaji di sana jauh lebih tinggi, tetapi staf di sini hebat. Apalagi kepala departemen kamu mengisyaratkan bahwa dia akan merekomendasikan kamu kepada bos saat dia pensiun. Bagaimana keputusanmu?

Saya akan mempelajari semua informasi yang tersedia tentang pesaing, mintalah saran manajer SDM saya dan membuat bagan dengan semua pro dan kontra. Dalam kasus seperti itu, penting untuk mempertimbangkan semua argumen dan menilai situasi dengan pikiran dingin (T).

Saya akan mendengarkan perasaanku. Saya selalu berusaha mengikuti hati saya (F).

4. Hanya dua minggu yang tersisa sebelum pernikahan teman dekatmu. Bagaimana persiapannya?

 

Satu bulan lalu, saya sudah mempersiapkan semuanya, di antaranya membuat puisi, membuat janji dengan penata rambut, dan persiapan lainnya. Saya lebih memilih untuk mempersiapkan sepenuhnya (J).

Mengapa mempersiapkan? Saya akan bersenang-senang dan menikmati diriku di pesta itu. Saya akan berimprovisasi, karena hal terbaik terjadi secara spontan (P).

3 dari 3 halaman

Berikut Jawaban Berdasarkan Gambar yang Kamu Pilih

ESTJ - MANAGER

Praktis dan konsisten, kamu bisa merencanakan dan mengatur semuanya. Namun, yang paling penting, kamu ingin meyakinkan orang tentang kebenaran kamu dan membuat mereka berpikir seperti yang kamu pikirkan.

Kamu melihat hidup dengan tenang, terutama memercayai fakta. Kamu mudah berkomunikasi dengan orang yang baru dikenal. Kamu juga orang yang selalu bisa mengekspresikan cinta kepada orang-orang terdekatmu.

ESFJ - GURU

Kamu bisa bergaul dengan baik bersama orang-orang baru. Kamu orang yang penuh perhatian, peduli, dan selalu siap membantu, bahkan jika harus mengorbankan kepentingan kamu untuk orang lain. Namun, kamu sangat independen dalam kesepakatan sehingga kamu hanya membutuhkan dukungan emosional dari orang yang dekat.

ENFJ - MENTOR

Kamu emosional dan banyak bicara. Kamu orang yang sangat berempati terhadap emosi orang lain, bahkan bisa merasakan ketidaktulusan terkecil sekalipun. Kamu sangat cemburu dan curiga dalam hubungan cinta.

ENTP - INVENTOR

Kamu selalu berusaha menciptakan sesuatu yang baru. Kamu juga mudah beradaptasi ke lingkungan yang tidak biasa dan menguasai berbagai metode kerja dengan mudah. Karena ketidaksukaanmu terhadap tradisi dan rutinitas, kamu sangat sering mengubah bidang profesional dan hobi menjadi inovator dan pelopor.

Yang penting, kamu tidak hanya bisa menciptakan ide baru, tapi juga bisa menyampaikannya kepada orang lain dan membuatnya menjadi kenyataan.

ESFP - POLITIKUS

Kamu secara profesional dapat menentukan peluang di lingkungan sekitarmu. Kamu sangat sering menggunakan keterampilan ini untuk memanipulasi orang. Dalam berkomunikasi dengan orang, kamu mengikuti kepentingan pribadimu. Kamu tidak suka membuang waktu, karena kamu ingin hasil yang cepat.

INTP - ARSITEK

Kamu selalu mencari kenyamanan dan ketenangan. Kamu sangat berhati-hati saat membuat keputusan sehingga lebih memilih untuk menganalisis dan menemukan hubungan antara masa lalu, sekarang, dan masa depan.

Kamu sangat sensitif terhadap perubahan, dan tidak mudah menanganinya. Kamu selalu mencoba untuk mengumpulkan semua fakta, pemikiran, dan gagasan ketika dilanda masalah. Hal itu yang membuat kamu sering merasa tegang.

ISTJ - INSPEKTUR

Kamu orang yang bijaksana dan bertanggung jawab. Kamu dapat dipercaya, dan selalu menganalisis informasi yang masuk. Kamu tidak tertarik dengan komunikasi jangka panjang dan lebih memilih komunikasi resmi. Kamu sangat menyukai ketertiban.

Penulis:

Reza Sugiharto

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.