Sukses

Sejarah Kelam Ouija, Si Papan Pemanggil Arwah Penasaran

Banyak orang yang percaya dan maupun tidak dengan permainan satu ini. Meski begitu, papan Oujia punya sejumlah sejarah di baliknya.

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tidak kenal papan Ouija? Papan tersebut terkenal sebagai medium untuk berkomunikasi dengan orang yang telah meninggal. Benar atau tidaknya, papan Ouija mempunyai sisi menarik untuk orang yang memainkannya. Meski sekadar sebagai permainan, ternyata papan Oujia punya juga punya sejarah yang bisa diselidiki.

Pada awalnya papan Ouija dikenal pada abad ke-19 sebagai "papan yang bisa berbicara". Iklan dari papan ini mendeskripsikan, papan sihir tersebut merupakan papan yang dapat menjawab berbagai pertanyaan pada masa lalu, masa kini, bahkan masa depan.

Kemunculan papan ini menjadi populer di Amerika. Apalagi pada saat itu kebanyakan orang masih percaya hal-hal spiritual. Bahkan, mereka juga percaya bahwa papan permainan tersebut merupakan media komunikasi dengan orang-orang terdekat yang sudah meninggal.

Dilansir dari Smithsonian Mags, Jumat (20/10/2017), untuk membuktikan benar atau tidaknya kemampuan papan tersebut, Elijah Bond dan Charles Kennard mengubah alih permainan ini menjadi bisnis dan berupaya mematenkannya pada 1890. Saat mereka membawa papan Ouija ke kantor paten Amerika, pihak kantor paten meminta untuk melakukan demonstrasi.

Jika mereka berhasil memberikan nama petugas kantor paten yang tak diketahui namanya maka mereka diizinkan untuk memiliki hak paten atas papan Ouija. Akhirnya mereka melakukan medium pada papan Ouija mereka dan berhasil menunjukan nama petugas tersebut. Peristiwa itu menyebar ke banyak orang dan membuat orang semakin penasaran terhadap papan Ouija.

Sebelum mematenkan papan Ouija, Elijah Bond dan Charles Kennard sempat membahas nama yang tepat untuk barang tersebut. Nama Ouija sendiri muncul dari ide saudara perempuan Bond, yang bernama Helen Peter. Dalam percakapan mereka, nama Ouija muncul dalam pikiran Peter dan diartikan sebagai 'good luck' oleh papan ajaib yang belum mereka beri nama. Namun nama Ouija sendiri punya kaitan yang erat dengan nama penulis, Ouida yang dikagumi oleh Peter.

Walaupun begitu, misteri tentang papan Ouija sampai saat ini masih menjadi tanda tanya. Bahkan dalam kegiatan paranormal, papan Ouija juga kerap digunakan. Bagaimana pendapatmu tentang papan Ouija ini? Kamu percaya atau tidak?

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.