Sukses

Mulia, Pemuda Ini Ingin Majukan Kota Bogor Lewat Industri Kreatif

Pemuda-pemudi Kota Bogor ingin meningkatkan perekonomian kota hujan dapat bersama oleh warganya.

Liputan6.com, Bogor Membangun kota tidak hanya membangun infrastrukturnya, tapi juga membangun manusianya. Terutama kontribusi para pemuda di kota tersebut melalui karya-karya mereka. Ini membuat Jayadi Nurwansyah, seorang pemuda dari kota hujan ingin turut berkontribusi untuk Kota Bogor melalui industri kreatif.

Dengan jumlah agensi kreatif yang semakin banyak di Jakarta, pemuda berlogat Sunda ini melihat adanya potensi bisnis digital sebagai bisnis masa depan. Maka dari itu, ia mulai membangun agensi kreatif pertama di Bogor. Diawali percakapan dengan seorang teman kos, Jayadi mulai mewujudkan gagasannya untuk membangun sebuah agensi kreatif. Sejak April 2017, terbentuklah tim beranggotakan 6 orang yang mendirikan agensi kreatif bernama Paradigma Kreatif.

Pemuda dan pemudi kota hujan memiliki minat, bakat, dan potensi dalam bidang seni seperti, mural, lukis, desain digital, fotografi, videografi, dan sinematografi. Paradigma Kreatif didirikan karena didasari suatu keresahan akan pemuda-pemudi Kota Bogor yang memiliki potensi untuk berkarya dalam industri kreatif, namun tidak bisa mengkomersialisasikannya.

Paradigma Kreatif sekarang baru memiliki satu klien tetap dan beberapa klien tidak tetap. Klien tetap mereka adalah salah satu tempat potong rambut di Bogor yang menjadi tempat Presiden Joko Widodo mencukur rambutnya. Agensi kreatif ini berhasil menjadi yang pertama dan terdepan ketika mengambil gambar Presiden Jokowi dan anaknya-Kaesang saat mencukur rambutnya.

Jayadi dkk berusaha memperkenalkan kepada pemuda dan pemudi Bogor bahwa industri kreatif tidak hanya ada di Jakarta, tapi juga ada di kota tempat mereka tinggal. Dia ingin membuka lapangan pekerjaan untuk pemuda-pemudi Kota Bogor agar perekonomian kota hujan dapat dibangun bersama oleh warganya. Kejayaan sebuah negara ditentukan oleh pemudanya Dimulai dari hal kecil dan aksi nyata. Sebelum berupaya membangun Indonesia Mulailah dengan berkontribusi untuk kotanya.

Penulis :

Caesar Rifa - Universitas Indonesia

Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.