Sukses

Siswa Blitar Temukan Mesin Perontok Padi Ramah Lingkungan

Remaja usia 16 tahun tersebut mengungkapkan dirinya selalu mengedepankan optimalisasi sumber daya yang ada untuk mengurangi ketergantungan

Liputan6.com, Jakarta Anjas Tri Setya Bekti, sosok inspiratif dari Blitar, Jawa Timur ini berhasil menemukan mesin perontok padi double power. Latar belakang pembuatan mesin perontok padi double power tersebut berawal saat ia sering menjumpai petani di daerahnya di Blitar menggunakan bahan bakar minyak (BBM) untuk merontokkan padi. Menurutnya hal tersebut merusak lingkungan.

Dari situ, Anjas berusaha menciptakan mesin perontok padi yang ramah lingkungan. Ia pun melakukan berbagai inovasi. Akhirnya, terciptalah mesin perontok padi double power. Istilah double power sendiri mengacu pada energi panas matahari dan energi angin yang digunakan untuk mengoperasikan mesin.

“Sebagai generasi muda kita harus peka terhadap situasi lingkungan,” ungkapnya.

Remaja berusia 16 tahun tersebut mengungkapkan dirinya selalu mengedepankan optimalisasi sumber daya yang ada untuk mengurangi ketergantungan pada energi fosil yang terbatas. Selain menciptakan mesin double power, ia juga berprestasi dalam bidang lainnya, yaitu menjadi pemenang di Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka 2017 dan berhasil terbang ke Korea Selatan.

“Hal ini menjadi pengalaman berharga bagi hidup saya untuk ke depannya agar saya bisa terus berkarya dan berinovasi,” ungkapnya.

Pemikiran dan karya Anjas patut ditiru oleh segenap pemuda di negeri ini, untuk selalu berusaha memberikan hal terbaik bagi Tanah Air. Meski usianya masih muda, namun pemikirannya menatap jauh ke depan dengan satu tujuan: mengabdi untuk negeri.

“Generasi muda Indonesia harus tangguh, hebat, dan kuat dalam menjaga nilai persatuan dan kesatuan bangsa. Karena pemuda kunci masa depan Indonesia untuk menjadi Indonesia emas,” pungkasnya.

 

Penulis:

Putri Soraya Sidabutar - Universitas Gunadarma

Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina Jakarta

 

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.