Sukses

Kekurangan Bukan Halangan, Pria Tunanetra Gemar Main Skateboard

Dan Machina (29) mengalami penyakit yang membuat buat kedua matanya. Walaupun begitu dirinya tetap menyukai bermain skateboard.

Liputan6.com, Jakarta Bermain skateboard mungkin menjadi salah satu olahraga yang menarik minat banyak orang. Termasuk pria tunanetra yangsatu ini, Dan Machina (29) dari Michigan, Amerika. Dirinya mengalami penurunan fungsi penglihatan sejak usia 13. Namun hal tersebut tak mampu menghentikan minatnya terhadap dunia skateboard.

Sebelum kehilangan pengelihatan pada kedua matanya, Machina punya hobi besar untuk bermain skateboard. Walaupun telah divonis dengan penyakit yang mempengaruhi bola matanya, pria ini tidak patah semangat dan terus melakukan apa yang ia suka.

Source: http://www.storytrender.com

Mengutip Jenkemag, penglihatannya hanya bersisa lima persen. Machina hanya bisa melihat objek berupa bayangan dan lampu saja. Hal ini juga membuat dirinya sempat berhenti bermain skateboard. Tetapi, kesukaannya terhadap dunia skateboard tidak mampu membuatnya berhenti.

Oleh karena itu, Machina punya skateboard khusus yang dapat mengeluarkan suara. Dari situlah dirinya mulai melakukan hobinya kembali. Sambil menggunakan tongkat, Machina melakukan beberapa aksi dengan skateboard. Selain skateboard, Machina juga melakukan hal-hal lainnya sepeti olahraga lompat jauh, bermain billiar, ice skating, bermain golf kecil, sampai dengan memotong kayu.

Source: Caters News via StoryTrender.com

Machina sadar banyak orang yang mengalami hal sama dengannya. Bahkan, sering kali mereka hidup dalam keterbatasan untuk beraktivitas secara bebas.

"Para orangtua yang memiliki anak degan disabilitas ataupun tunanetra seharusnya tidak merasa takut agar mereka belajar bereksplorasi dengan cara mereka sendiri," ujarnya dengan melansir video Now This, Rabu (11/10/2017).

Machina merupakan salah satu bukti bahwa seseorang dengan disabilitas mampu melakukan apapun seperti orang normal lainnya. Tak ada alasan untuk menyerah dalam hidup atau pun menekuni hobimu.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.