Sukses

Kisah Dionisius, Finalis CJA yang Awali Karier dari Tugas Sekolah

Pekerjaan yang dia dambakan sejak SMA kini terwujud berkat Citizen Journalist Academy Energi Muda Pertamina.

Liputan6.com, Jakarta - Mimpi terbaik sebagai satu pekerjaan, dimulai dari hobi. Inilah satu kalimat yang bisa diungkapkan Dionisius Aditya dari berjuta kalimat yang ingin ia ungkapkan. Pekerjaan yang dia dambakan sejak sekolah menengah atas (SMA) kini terwujud berkat Citizen Journalist Academy Energi Muda Pertamina.

Terbukti pada 29 Juli 2017, Dion beserta 29 orang lainnya dinyatakan lolos menjadi finalis program Citizen Journalist Academy yang diselenggarakan Liputan6.com, Indosiar, dan Pertamina. Persaingan yang dimulai sejak masa seleksi hingga final, dia lalui dengan optimistis.

Baginya, tidak sia-sia latihan yang ia jalani selama berkuliah di kampus broadcast. Semuanya tidak disengaja karena satu tugas yang rumit.

Sebelum melanjutkan pendidikannya di bangku perkuliahan, Dion bersekolah di SMA Yadika 8 Jatimulya, Bekasi. Di tahun ketiga masa sekolah, dia mendapatkan tugas dari seorang guru spesial. Dikatakan spesial karena biasanya guru ini memberikan materi yang teramat sulit dimengerti. Membuat karya film pendek merupakan kalimat pembuka yang beliau sampaikan suatu hari. Dengan berat hati, dia dan lima siswa lainnya mulai menyusun sinopsis cerita.

Tak memiliki referensi mengenai jalan cerita yang akan dibuat, hampir mematahkan semangat Dion dan teman-teman. Hingga akhirnya salah seorang teman Dion mengusulkan untuk menceritakan salah satu tokoh penting etnis Sunda, Si Kabayan.

Dengan bermodalkan handycam dan tripod, Dion dan teman-teman mulai menyelesaikan satu per satu scene yang dirancang. Hingga pada saatnya, hari yang mereka tunggu pun datang.

Satu per satu film milik berbagai kelompok sudah ditayangkan. Kini, tibalah saatnya film milik kelompok Dion untuk ditunjukkan. Satu dua orang terlihat mulai tersenyum simpul saat menyaksikan film berdurasi lima menit tersebut. Ada rasa senang dalam hati Dion ketika melihat ekspresi mereka saat itu. Tidak sia-sia ternyata, apa yang Dion dan tim buat bisa menghibur orang lain.

Pembuatan film Kabayan akhirnya mengarahkan tujuan karier Dion ke bidang broadcasting. Meski belum memiliki kemampuan yang mumpuni, Dion yakin bisa andal dalam bidang yang ingin ditekuni. Hingga sekarang Dion pun yakin, ini barulah langkah awal dari segelintir cerita yang akan ia lalui. Setelah melalui program ini, Dion yakin akan ada banyak Citizen Jorunalist Academy lainnya di luar sana.

Penulis:

Dionisius Aditya - AKMRTV

Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina Jakarta

 

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.