Sukses

Lampu Sensor dan Gembok Alarm, Ini 5 Sistem Keamanan Tercanggih

Berikut beberapa sistem keamanan rumah yang canggih tanpa perlu mengeluarkan biaya besar.

Liputan6.com, Jakarta - Modus pencurian kini memang semakin beragam. Dengan dalih kebutuhan ekonomi yang mendesak, para maling kini punya banyak cara kreatif membobol rumah bahkan yang memiliki teknologi atau sistem keamanan sekalipun.

Kamu tentunya enggak mau kan menjadi salah satu korban kemalingan atau pencurian rumah? Berikut beberapa sistem keamanan rumah yang canggih tanpa perlu mengeluarkan biaya besar.

1. Lampu Teras Sensor

Ketika bepergian selama seharian penuh, kadang kita lupa menyalakan lampu teras. Sehingga di malam hari, maling akan tahu kalau rumah kita kosong karena lampu teras yang enggak menyala. Maka rumah kamu jadi korban penjarahan.

Untuk itu, kamu perlu memasang lampu teras dengan sensor yang otomatis akan menyesuaikan diri dengan langit atau kondisi cahaya di sekitarnya. Jadi ketika pada malam hari alias gelap, lampu terasmu akan otomatis menyala sehingga enggak akan lagi memancing pencuri untuk 'mampir' ke rumah kamu. Harganya? Ada di kisaran Rp 25-60 ribu saja.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Fake CCTV

Memasang CCTV sungguhan pasti butuh berbagai perangkat pendukung lainnya dan otomatis biaya yang dibutuhkan akan lebih besar. Untuk menghemat biaya, kamu bisa menggunakan CCTV palsu atau dummy CCTV yang pasti jauh lebih murah.

Meski lebih murah, CCTV palsu tetap akan memberi rasa takut yang sama bagi para pencuri sehingga berpikir dua kali untuk maling di rumah kamu. Kamu hanya perlu menggunakan baterai yang bisa bertahan 1-2 minggu, CCTV palsu ini bisa kamu dapatkan di kisaran harga Rp 50-70 ribu.

3. Kaca Film Pantul Rumah

Cara kerjanya mirip seperti kaca film yang digunakan di banyak mobil, atau yang sering digunakan polisi di ruang interogasi. Kaca film juga bisa digunakan di jendela rumah kamu. Terlebih buat kamu yang enggak suka memakai gorden, maka kaca film pantul ini adalah pilihan tepat.

Untuk memiliki kaca film pantul dan membuat para maling enggak bisa mengintip ke dalam rumahmu, kamu enggak perlu mengeluarkan biaya hingga jutaan rupiah. Kamu hanya perlu menyisihkan sekitar Rp 45-60 ribu untuk bisa memasang sistem keamanan yang satu ini.

3 dari 3 halaman

4. Gembok Alarm

Gembok sebenarnya sudah jadi alat keamanan sejak dulu. Namun, mudahnya kini menghancurkan gembok dengan bahan kimia membuatnya enggak efektif lagi dalam menjaga keamanan rumah kita. Untuk itu sekarang ada gembok alarm.

Penggunaanya sangat sederhana. Setelah mengunci benda berharga atau pagar rumah dengan gembok ini, maka aktivitas atau gerakan mencurigakan pada gembok akan langsung membuat gembok tersebut mengeluarkan bunyi sangat kencang. Dengan biaya sekitar Rp 60-100 ribu, gembok ini bisa bertahan dengan baterai bawaan selama dua tahun.

5. Rantai, Lonceng Sapi dan Pistol Petasan

Tiga alat ini adalah kombinasi ciamik untuk melengkapi sistem keamanan rumah kamu. Rantai tentu berfungsi untuk mengunci pagar atau barang berharga agar sulit dibuka dan diambil pencuri. Lonceng sapi cocok untuk ditaruh di pintu rumah karena akan mengeluarkan suara kencang begitu pintu terbuka. Sedangkan pistol petasan, sangat ampuh menakuti maling karena suaranya yang menyerupai pistol sungguhan.

Ketiga alat ini bisa kamu dapatkan dengan total harga sekitar Rp 100 ribu. Murah dan dapet banyak? Pastinya kamu gak mau ketinggalan membeli alat-alat ini, kan?

Sumber: https://jalantikus.com/tips/sistem-keamanan-rumah-tercanggih-termurah/

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.