6 Manfaat Menakjubkan Jika Kamu Makan 2 Pisang Sehari

Oleh Yulia Yulee pada 11 Okt 2017, 00:22 WIB
6 Manfaat Menakjubkan Jika Kamu Makan 2 Pisang Sehari

Liputan6.com, Jakarta - Makanan sehat memang tidak selalu enak. Namun, tidak untuk buah yang satu ini. Selain bisa diolah untuk berbagai macam minuman dan makanan, pisang juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kamu lho.

Melansir Brightside, Selasa (10/10/2017), ternyata mengkonsumsi dua pisang sehari bisa memperbaiki kesehatan kamu. Penasaran apa saja manfaat pisang bagi tubuh? Berikut ulasannya.

1. Mengurangi Tekanan Darah

Mengkonsumsi pisang bisa mengurangi tekanan darah tinggi, karena buah berkulit hijau dan kuning ini mengandung sekitar 420 mg potassium.

2. Mengurangi Berat Badan

Pisang kaya akan serat sehingga membuat kamu tak ingin mencicipi makanan lainnya. Pisang juga ternyata mengandung sejenis pati yang mengurangi nafsu makan kamu, jadi cocok banget buat kamu yang lagi diet.

Pisang dapat mengurangi kadar gula dalam darah dan meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin. Jika sel tubuh kamu tidak peka terhadap insulin, mereka tidak dapat menyerap glukosa, dan pankreas kamu mulai memproduksinya dalam jumlah yang lebih banyak. Bagaimana tubuh kamu menumpuk lemak, itu tergantung insulin yang ada.

 

1 of 3

3. Risiko Anemia Turun

Penderita anemia akan merasa cepat lelah, sesak napas dan membuat wajah pucat. Kondisi tersebut disebabkan oleh pengurangan sel darah merah dan kadar hemoglobin dalam darah.

Pisang mengandung banyak zat besi yang merangsang produksi sel darah merah. Pisang juga mengandung vitamin B6 yang mengatur kadar glukosa darah dan membantu penderita anemia.

4. Melancarkan Pencernaan

Pisang mudah dicerna dan tidak mengganggu saluran gastro-intestinal. Bakteri yang terkandung dalam pisang tidak dicerna dan berakhir di usus besar, dimana berfungsi sebagai media nutrisi yang efektif untuk bakteri sehat.

Jika kamu mengalami diare dan mulas, pisang juga ampuh mengembalikan mineral yang hilang saat seseorang mengalami masalah pencernaan.

 

2 of 3

5. Mengurangi Stres

Pisang ampuh memperbaiki mood, karena pisang mengandung tryptophan yang dibutuhkan oleh tubuh kita untuk menerima serotonin (hormon kebahagiaan).

Setiap pisang rata-rata mengandung sekitar 27 mg magnesium. Mineral itu bertanggung jawab menghasilkan suasana hati dan tidur yang baik.

6. Menambah Vitamin

Pisang kaya akan vitamin B6. Rata-rata satu pisang mengandung sekitar 20% vitamin B6 yang dibutuhkan tubuh kita setiap harinya. Itu berati membantu tubuh kamu memproduksi insulin, hemoglobin dan asam amino yang dibutuhkan untuk menciptakan sel sehat.

Meski kita perpikir bahwa jeruk dan stroberi mengandung vitamin C dalam jumlah besar, tapi pisang sebenarnya mengandung 15% dari zat penting ini.

(Ul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓