Sukses

Penemuan Buaya Langka di Kolam Ikan Buat Warga Panik

Warga satu kampung saat menemukan seekor buaya sepanjang satu meter berenang di kolam ikan kompleks.

Liputan6.com, Beijing - Warga satu kampung heboh saat menemukan seekor buaya sepanjang satu meter berenang di kolam ikan kompleks perumahan Huafu Shahe, Chengdu, Tiongkok. Rupanya, buaya tersebut dimasukkan ke kolam oleh seorang pria yang merupakan warga kompleks tersebut.

Pria yang tak disebutkan identitasnya itu mengatakan pada warga untuk tidak takut karena ia akan buaya itu akan ia makan nantinya. Menurutnya, ia tidak melanggar undang-undang dengan memakan buaya.

Buaya yang ditemukan itu sendiri merupakan buaya Siam, satu di antara reptil paling terancam di dunia. Buaya tersebut berusia sekitar dua tahun dan beratnya sekitar 10-15 kilogram.

Melansir dari South China Morning Post, juru bicara pengelolaan hutan dan biro wosata Chengdu mengatakan bahwa buaya Siam diizinkan untuk dibiakkan dengan tujuan komersil asal sumbernya legal. Namun bagaimanapun, ia mengingatkan bahwa buaya itu tidak seharusnya ditinggalkan di tempat umum karena dapat berpotensi melukai orang.

Buaya Siam adalah spesies yang dilindungi, tapi ada banyak permintaan untuk mereka di Tiongkok di mana mereka dianggap lezat dan kulit mereka digunakan untuk memproduksi tas tangan mewah dan barang kulit lainnya. Hampir 85 persen ekspor buaya global masuk ke Tiongkok, Hong Kong dan Taiwan, menurut sebuah laporan oleh BBC tahun lalu.

(Sul/Ul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.