Errie Riyani, Relawan yang Berbagi Penerangan hingga Pelosok

Oleh Liputan6.com pada 18 Sep 2017, 11:04 WIB
Errie Riyani, Relawan yang Berbagi Penerangan Hingga Pelosok

Liputan6.com, Jakarta Hidup dengan fasilitas yang memadai tentunya sangat memudahkan segala aktivitas. Terutama dengan adanya listrik, karena listrik adalah salah satu sumber kehidupan manusia apalagi di era digital saat ini. Namun, tidak dengan Errie. Hidup serba berkecukupan malah menimbulkan keresahan dalam dirinya.

Kurang meratanya penyebaran listrik di negeri ini, membuatnya berinisiatif mengagas gerakan Rawikara. Alasannya, warga negara Indonesia masih banyak yang belum mendapatkan akses listrik, terutama di daerah-daerah terpencil.

Kegiatan yang dinaungi oleh Kelas Inspirasi Balikpapan ini telah menyentuh hingga pedalaman Kalimantan Utara, tepatnya Suku Dayak Punan, di Desa Semeriot. Saat ini pun sedang berjalan penyaluran hingga ke Desa Papera, Pegunungan Bintang, Papua. Hingga akhir tahun 2017, Rawikara menetapkan target dengan menyediakan penerangan ke 10 desa yang membutuhkan, seperti Kutai Kartanegara, Paser, Tanah Grogot, dan sebagainya.

“Konsen saya tetap di pendidikan anak dan pemberdayaan perempuan. Mereka punya hak yang sama untuk nyaman belajar dan beraktivitas di malam hari karena ada penerangan. Oleh karena itu, Rawikara Berbagi Terang membantu menyalurkan donasi kepada mereka berupa lampu tenaga matahari,” papar perempuan yang gemar mendongeng ini.

Founder RI Media Pustaka ini bahagia dapat berbagi walaupun sedikit.

Errie tidak sendirian. Bersama seluruh relawan lainnya, ia tergabung dalam Kelas Inspirasi Balikpapan ikut turun tangan. Kegiatan ini ia kampanyekan melalui kitabisa.com dengan donasi dari masyarakat.

“Bayangin aja deh, wajah-wajah bahagia dengan mata binar mereka yang takjub pada malam hari saat desa jadi terang. Sudah tanpa lampu minyak tanah lagi, yang asapnya bahaya untuk pernapasan mereka.”    

Founder RI Media Pustaka ini bahagia dapat berbagi walaupun sedikit. Baginya, tiap langkah ia keluar dari rumah mestinya dapat membawa perubahan yang lebih baik. Semangat perubahan ini sangat ingin ia bagikan kepada perempuan-perempuan Indonesia lainnya. Dan telah ia buktikan dengan mengabdikan diri sebagai relawan sejak 15 tahun silam. Tak ketinggalan, ia pun turut aktif dalam berbagai kegiatan literasi dan seni di Balikpapan.

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

 

Penulis:

Wiki Kridayanti - Universitas Balikpapan

Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina Balikpapan

 

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

ChronicheeChronichee

lampu memang jadi kebutuhan untuk jaman sekarang agar lebih baik untuk kehidupan.

ChronicheeChronichee

para warga yang melakukan kegiatan sosial harus mendapat apresiasi yang tinggi

cisoaj77cisoaj77

Bagus bu teruskan berbagi memang indah

Lihat Lainnya