Sukses

Waspada, 6 Kebiasaan di Internet Ini Bikin Akun Kamu Diretas

Dengan segala kemudahan yang ditawarkan internet, semakin mudah pula data-data kita dicuri.

Liputan6.com, Jakarta - Sejak ada internet, semuanya jadi semakin mudah. Yang jauh bisa jadi terasa semakin dekat, berbagi semakin mudah, bahkan informasi yang ada di negara lain pun bisa dijangkau dengan cepat dan realtime. Semua tentu berkat internet.

Namun, dengan segala kemudahan yang ditawarkan internet, semakin mudah pula data-data kita dicuri. Nah, jika kamu tidak hati-hati, kebiasaan kamu saat berselancar di internet bisa menyebkan kamu kena hack.

Dengan semakin maraknya kabar pencurian data dan informasi oleh peretas, masa kamu tidak takut datamu dicuri? Untuk menghindari data-datamu dicuri peretas, hindari kebiasaan-kebiasaan berikut saat berselancar di internet.

1. Mengakses Data Penting di WiFi Umum

Siapa sih yang nggak suka WiFi gratisan? Dengan WiFi gratis, kita bisa internetan bebas tanpa harus mikirin soal kuota. Namun ingat, jangan sembarangan saat menggunakan WiFi gratisan.

Saat terhubung di WiFi umum yang menawarkan akses internet gratisan, kamu sebaiknya jangan membuka situs yang menyimpan banyak informasi penting, seperti transaksi perbankan, password manager, atau data kontak pribadimu. Soalnya WiFi umum ini lebih rentan terserang hacker. Supaya aman, sebaiknya terhubung dengan WiFi yang resmi saja.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Asal Isi Formulir Online

Formulir online sering dimanfaatkan oleh pelaku cybercrime untuk mengumpulkan informasi tentang diri kamu. Karena itu, saat terhubung dengan internet di WiFi umum, jangan asal isi formulir online jika bukan dari organisasi resmi. Nggak mau kan akun email dan alamat rumahmu dibanjiri spam?

3. Asal Unggah di Media Sosial

Berbagi status atau foto di media sosial memang seru. Kamu pamer makan di tempat enak atau habis beli barang baru. Namun, harus tetap terkontrol ya! Jangan sampai kamu lupa hal yang layak dan tidak layak untuk dibagikan ke media sosial.

Membagikan informasi pribadi, seperti tempat tanggal lahir, nomor telepon, hingga alamat tinggal adalah hal terlarang di media sosial. Termasuk menyimpan foto pribadi di media sosial juga tidak disarankan.

3 dari 3 halaman

4. Password yang Sama untuk Semua Akun

Jangan berkompromi dengan kekuatan password. Menggunakan password yang sama untuk berbagi akun milikmu di internet bisa memunculkan kemungkinan diretas hacker jahat.

Dengan password yang sama untuk setiap akunmu, maka akan memudahkan hacker mencuri semua datamu di intenet. Bayangkan jika satu akun kena hack, maka semua akun yang menggunakan password sama ini pun akan ikutan kena hack.

5. Asal Menyetujui Privacy Policy

Karena males baca poin per poin yang muncul di bagian Privacy Policy atau License Term, bukan tidak mungkin jika kamu asal scroll ke bawah dan langsung klik tombol accept. 

Sumber: https://jalantikus.com/tips/kebiasaan-yang-akan-membuat-kamu-kena-hack/

(Ul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.