Sepi Manusia, Rekaman Udara Langka Ibu Kota Korea Utara

Oleh Sulung Lahitani Mardinata pada 07 Sep 2017, 20:30 WIB
Rekaman Langka Ibukota Korea Utara, Kota Besar yang Sepi Manusia

Liputan6.com, Pyongyang - Sebuah rekaman udara langka ibu kota Korea Utara, Pyongyang, tersebar di internet. Rekaman itu menunjukkan, meski penuh dengan gedung pencakar langit, kota yang luas itu tampak kosong dari manusia.

Rekaman tersebut difilmkan oleh Aram Pan saat ia mengendarai Piper Matrix PA-46 yang mengelilingi Pyongyang. Pan adalah bagian dari DPRK360, sebuah proyek yang bertujuan untuk menampilkan Korea Utara lewat gambar dan film. Dia diberi izin untuk syuting oleh pemerintah negara tersebut.

Rekaman menunjukkan bangunan berwarna dan gedung pencarakar langit, serta jalan raya, jembatan layang, dan jalan layang. Daerah lain di kota itu menunjukkan kawasan perbukitan luas dengan rumah-rumah kecil berderet. Kawasan itu berada tak jauh dari kota metropolis.

Namun demikian, ada satu aspek penting dari rekaman video tersebut. Jika diamati baik-baik, meski disebut sebagai ibu kota negara, Pyongyang tampak sepi dari orang-orang dan kendaraaan. Padahal, kota ini merupakan kota terbesar di Korea Utara dan diyakini memiliki populasi mencapai 2,6 juta jiwa.

Dilansir dari Mail Online, Pan telah mendokumentasikan kehidupan di Korea Utara selama beberapa tahun dan merupakan orang terpilih yang diizinkan untuk melakukannya. Negara yang dipimpin oleh Kim Jong-un ini mengizinkan turis asing, tapi sangat terbatas.

Pembatasan kunjungan turis mancanegara makin menjadi-jadi sejak kematian warga Amerika yang dipenjara di negara itu. Sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke negara tersebut adalah warga Tiongkok.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6