Sukses

6 Pengaturan Pintar Ini Bikin Android Kamu Super Canggih

Berikut enam smart settings yang bikin Android kamu secanggih Google Pixel atau Android Nougat.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak ada yang menyangkal bahwa smartphone telah membuat hidup kita jauh lebih mudah. Namun, apa kamu yakin sudah maksimal menggunakan smartphone Android milikmu?

Sebenarnya ada beberapa smart settings atau pengaturan pintar supaya kamu bisa mengenali smartphone Android milikmu secara lebih dekat. Sehingga kehadirannya bisa bikin hidup kamu lebih praktis.

Kecanggihan Android, bagaimana pun tergantung pada penggunanya juga. Berikut enam smart settings yang bikin Android kamu secanggih Google Pixel atau Android Nougat.

1. Get Instant - Cari Tahu Apapun dengan Cepat

Semua yang tertanam tentunya memiliki manfaat, pun begitu dengan fitur Google Assistant yang ada di smartphone Android kamu. Saat kamu sedang chatting, browsing, dan ada sesuatu yang tidak kamu mengerti, kamu tekan saja tombol home agak lama.

Kamu akan dengan mudah menemukan lokasi, menerjemahkan bahasa asing, membaca berita dengan suara, dan tentu saja katakan OK Google, untuk menggunakan perintah suara. Kamu harus menyesuaikan pengaturan pintar di Google Assistant dan memaksimalkan penggunanya untuk mengakses smartphone.

2. Aktifkan Smart Lock

Setiap kali akan menggunakan smartphone, tentunya kita harus membuka kunci layar. Namun kalau boleh jujur, itu sangat merepotkan. Apalagi jika kamu mengamankannya dengan password atau PIN.

Ada cara yang lebih baik untuk membiarkan smartphone kamu tidak terkunci dalam kondisi tertentu. Inilah fitur Smart Lock, yang dapat menjaga smartphone kamu tidak terkunci saat kamu berada di lokasi tertentu, misalnya saat di rumah atau saat terhubung WiFi kantor, dan lainnya.

Itulah ide di balik Smart Lock. Setelah diaktifkan, (cukup tekan pengaturan> keamanan> smart lock untuk memulai), kamu dapat mengatur Smart Lock untuk membuka smartphone setiap kali kamu tiba di rumah, ketika mendengar suara kamu, atau setiap kali terhubung dengan perangkat yang kamu atur.

3. Katakan Kepada Google Now di Mana Kamu Tinggal dan Bekerja

Google Assistant mungkin sekarang mendapatkan perhatian, tapi Google Now belum ketinggalan zaman dan tetap menawarkan sesuatu yang kamu butuhkan. Kamu dapat membantu Google Now melakukan pekerjaan dengan lebih baik dan menampilkan berbagai saran cerdas.

Cara mengaturnya mudah, buka Google Now, tekan tombol menu di pojok kiri atas layar, pilih 'Customize', kemudian mulai mengisi preferensi kamu. Selanjutnya, pastikan untuk membiarkan Google Now tahu di mana kamu tinggal dan bekerja. Sekali kamu melakukannya, fitur itu akan membiarkan kamu tahu berapa lama perjalanan kamu, bahkan sebelum kamu bertanya.

Kamu juga dapat melihat serangkaian kategori yang akan membiarkan Google Now memberikan petunjuk lebih lanjut tentang hal-hal yang kamu suka. Seperti menampilkan berita dari situs web favorit kamu, pemberitahuan tentang info tim olahraga, layanan streaming favorit, dan banyak lagi.

Sumber: https://jalantikus.com/tips/pengaturan-pintar-android/

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.