Sukses

Danau Paisu Pok, Surga Alam Tersembunyi di Sulawesi

Ada sebuah kolam alami yang cantik dengan air kebiruan yang super jernih bernama Danau Paisu Pok.

Liputan6.com, Jakarta - Kamu tentu tahu kalau Indonesia punya banyak potensi wisata alam yang belum banyak dijamah para traveler. Jika biasanya kamu cuma mampir ke destinasi populer seperti Bandung, Bali, Jogjakarta, Lombok, atau Raja Ampat, kini coba deh melipir sedikit ke daerah Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah.

Ada sebuah kolam alami yang cantik dengan air kebiruan yang super jernih bernama Danau Paisu Pok. Sayangnya, meski penuh pesona yang memikat, tempat wisata alam ini belum terurus dengan baik sehingga tak banyak pengunjung yang datang ke sana.

Ada alasan tersendiri mengapa kolam alami ini punya nama Paisu Pok yang berarti air hitam. Masyarakat setempat menyebutnya demikian karena warna air di sekitar danau yang hampir menghitam. Padahal, itu semua adalah pantulan dari rumput yang tumbuh di bagian dasar sehingga air yang berwarna biru terlihat lebih gelap.

Dulunya, danau ini dipenuhi dengan air asin. Namun seiring berjalannya waktu, di kolam tersebut juga terdapat air tawarnya.

Yang menjadi daya tarik utama Paisu Pok bukan cuma sejarah keberadaannya. Kondisi air yang super jernih adalah alasannya. Saking beningnya, kamu bahkan melihat isi dalam kolam dengan mata telanjang. Ketika sudah berada di sana, jangan cuma foto-foto saja. Kamu tentu tak ingin melewatkan kesempatan untuk berenang, bermain air, terjun dari tebing, atau santai-santai di ban pelampung, kan?

Hal lain yang perlu kamu ketahui dari surga dunia yang cantik ini adalah tempatnya yang dikelilingi oleh hutan dan jauh dari kawasan perkotaan. Jauh dari polusi dan banyak pohon rindang yang tumbuh di sekitar kolam alami tersebut. Terbayang dong betapa sejuknya udara di sana? Cocoklah didatangi oleh kamu yang benar-benar mendambakan syahdunya nuansa liburan yang dekat dengan alam sekitar. Pikiran dan tubuh pasti segar kembali deh sepulangnya dari sana.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(Ul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.