Sukses

Waspada, Main Layangan di Kota Ini Akan Kena Hukuman

Harus lihat-lihat tempat dulu sebelum main layangan. Niat menyalurkan hobi jangan malah sampai kena hukuman.

Liputan6.com, Pontianak - Harus lihat-lihat tempat dahulu sebelum main layangan. Niat menyalurkan hobi jangan malah sampai kena hukuman.

Larangan tegas bermain layangan berlaku di Pontianak, Kalimantan Barat. Bukan tanpa sebab jelas loh. Tapi karena layang-layang dinilai membahayakan keselamatan orang lain.

"Selain benang gelasan dan tali kawat, bahaya juga disebabkan alat penggulung benang yang menggunakan mesin. Mesin alat penggulung benang itu menyebabkan nyawa seseorang melayang akibat gesekan benang yang terkena leher. Itu yang membahayakan pengguna jalan yang terkena benang layangan tersebut," kata Wali Kota Pontianak Sutarmidji.

Ia berharap larangan ini tidak dipolemikkan, sebab demi keselamatan orang banyak. Pehobi layangan diminta tidak hanya memikirkan hobinya saja tanpa memikirkan nyawa orang lain. Bahaya yang ditimbulkan dari bermain layang-layang sangat besar dibandingkan dengan kesenangan yang diperoleh.

"Bagi siapa pun yang masih bermain layangan, akan kami tindak tegas berupa sanksi tindak pidana ringan dengan mengajukannya ke pengadilan," jelas Sutarmidji di Pontianak seperti dilansir Antara, Kamis 3 Agustus 2017.

Meski demikian dia memberi kelonggaran bagi para pehobi layang-layang untuk bermain saat ada festival layangan hias. Apalagi pihaknya rutin menggelar festival itu dua kali setahun.

"Sah-sah saja menyalurkan hobi bermain layangan, tapi ikuti aturan demi menjaga keselamatan orang lain. Silakan salurkan hobi dengan mengikuti festival itu, sepuas-puasnya main layangan di situ. Mau dari pagi sampai malam pun tak masalah," lanjutnya.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.