Sukses

Taman Pamekar, Perpustakaan Berprestasi di Atas Kaki Gunung

Jauh dari Jakarta, tepatnya di Kecamatan Kabandungan, terdapat sebuah perpustakaan yang memfasilitasi siswa-siswi untuk belajar.

Liputan6.com, Jakarta Kita tahu bahwa minat membaca di Indonesia sangatlah rendah jika dibandingkan dengan negara lain di dunia. Banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut, salah satunya ialah minimnya wadah atau tempat yang mampu memfasilitasi kegiatan membaca.

Jauh dari Jakarta, tepatnya di Kecamatan Kabandungan, Sukabumi, hadir sebuah tempat yang memfasilitasi kegiatan membaca. Perpustakaan Taman Pamekar adalah tempat membaca yang terletak tepat di kaki Gunung Salak. Berdiri sejak 20 November 2002, perpustakaan ini kini telah 15 tahun menemani masyarakat sekitar yang hendak menuntut ilmu. 

Walaupun berdiri di atas kaki gunung, Perpustakaan Taman Pamekar mampu berprestasi di tingkat kabupaten hingga provinsi, di antaranya juara 3 terbaik Lomba Perpustakaan Desa Tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2004, Juara 1 lomba Perpustakaan Desa Tingkat Kabupaten Sukabumi tahun 2007, 10 besar Lomba Perpustakaan Tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2011, dan 7 besar Lomba Perpustakaan Tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2016. 

Perpustakaan Taman Pamekar dikelola oleh seorang wanita hebat yang sudah mendedikasikan dirinya selama lebih dari tiga tahun untuk perpustakaan ini. Penasaran siapa dia? Baca selengkapnya di sini. 

 

Penulis:

Usman Islamy M

Universitas Muhammadiyah Jakarta

 

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: Sahabatliputan6@gmail.com serta follow official Instagram @sahabatliputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.