Sukses

Mahasiswa Brawijaya Ciptakan Casing HP dari Kepiting

BICRASIA merupakan produk phonecase dan pelindung keyboard antibakteri yang memanfaatkan limbah cangkang kepiting dan kulit udang.

Liputan6.com, Jakarta Tahukah Anda bakteri merupakan mikroorganisme yang juga memiliki sifat patogen yang dapat membahayakan kesehatan manusia, dan tangan merupakan media penyalur bakteri dari berbagai benda. Bayangkan berapa banyak bakteri yang bersarang pada tubuh ketika kita memegang telepon genggam atau laptop berulang kali.

Berangkat dari masalah tersebut, empat mahasiswa dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Brawijaya, yaitu Siti Amallah, Khalid Amjad, Wahyu Widia Ningrum, dan Romi Dwi Nanda, telah berhasil mengembangkan produk BICRASIA (Bio Crustacea Silicone Anti-Bacteria).

BICRASIA merupakan produk phonecase dan pelindung keyboard antibakteri yang memanfaatkan limbah cangkang kepiting dan kulit udang sebagai bahan baku yang dikombinasikan dengan bonggol jagung.

Proses pembuatan produk ini cukup singkat karena hanya memerlukan waktu 10 hingga 15 menit dan pengeringannya membutuhkan waktu satu hari.

“BICRASIA merupakan produk pelindung yang memiliki banyak keunggulan, yakni memiliki sifat antibakteri, bahan-bahan yang digunakan merupakan bahan alami sehingga aman dan mudah diurai (biodegradable), model bervariasi, dapat dipesan secara langsung maupun custom, harga bersaing, yakni mulai dari Rp 20.0000 untuk pelindung keyboard dan Rp. 20.000-Rp.50.0000 untuk produk casing HP.” Ujar Khalid.

“Dengan harga ekonomis tersebut calon konsumen sudah bisa memesan sesuai model, warna, dan tema pelindung yang diinginkan. Selain itu, dengan adanya produk ini juga turut andil dalam membantu menurunkan tingkat pencemaran lingkungan akibat limbah. Sasaran pemasaran produk adalah mahasiswa dan karyawan baik di Kota Malang maupun luar Malang,” kata Widya.

Dengan mengolah limbah menjadi barang yang memiliki nilai ekonomi ini merupakan peluang awal berwirausaha yang menguntungkan bagi pemula yang memiliki modal terbatas tetapi mempunyai kreativitas.

Penulis:

Mahasiswa Universitas Brawijaya - Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini