Sukses

Enam Tradisi Unik Jelang Lebaran yang Hanya Ada di Indonesia

Tradisi unik apa saja yang sering dilakukan oleh orang Indonesia saat menjelang Lebaran?

Liputan6.com, Jakarta Lebaran merupakan momen yang begitu dinanti-nanti, terutama oleh warga Indonesia yang mayoritas memeluk agama Islam. Momen Lebaran biasanya digunakan untuk bersilaturahmi dan saling memaafkan dengan sanak saudara dan kerabat.

Idul Fitri merupakan hari raya umat Islam yang jatuh pada tanggal 1 Syawal penanggalan Hijriah, setelah menjalani ibadah puasa Ramadan sebulan penuh.

Adapun dalam memaknai Idul Fitri, umat Islam diharapkan dapat mencapai kesucian lahir dan batin, serta dapat meningkat kualitas keimanannya dengan Sang Pencipta.

Dalam menyambut Idul Fitri, banyak sekali tradisi atau kebiasaan yang sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Seperti Takbiran Keliling dan membuat Ketupat. Tradisi-tradisi tersebut begitu kuat dipegang masyarakat Indonesia hingga masih lestari hingga saat ini.

Apa saja yang menjadi tradisi unik yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia menjelang Lebaran? Berikut ini ulasannya.

- Baju Baru

Tradisi dapat disebut juga sebagai simbol, bahwa Lebaran adalah hari yang fitri, dan kita terlahir seperti baru kembali. Namun, kamu tidak perlu memaksakan diri untuk membeli baju baru, terlebih bila dana yang kamu miliki terbatas.

Selengkapnya

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini